EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA

KIKI MELITA ANDRIANI, NIM. 11670008 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (815kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan tipe Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar kognitif kimia kelas X semester 2 SMA Begeri 1 Bawang Banjarnegara. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar kognitif kimia peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest only control design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas X4 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model embelajaran tipe NHT dan kelas X5 sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran tipe TTW. Pengambilan data dilakukan dengan teknik ujian menggunakan instrumen soal pretest dan postest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada penggunaan model pembelajaran tipe NHT dan TTW terhadap hasil belajar kognitif kimia peserta didik. Hal ini didasarkan pada hasil uji T nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,048 < 0,05. Artinya H0 ditolak atau terdapat perbedaan pada penggunaan model pembelajaran tipe NHT dan TTW terhadap hasil belajar kognitif kimia peserta didik. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran tipe TTW. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah sebesar 84,67 dan dapat menuntaskan peserta didik sebanyak 87,88%. Nilai ratarata postest kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW adalah sebesar 78,77 dan dapat menuntaskan peserta didik sebanyak 64,51%. Kata kunci : kuasi eksperimen, model pembelajaran kooperatif tipe NHT, model pembelajaran kooperatif tipe TTW, hasil belajar kognitif kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Karmanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: kuasi eksperimen, model pembelajaran kooperatif tipe NHT, model pembelajaran kooperatif tipe TTW, hasil belajar kognitif kim
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:35
Last Modified: 27 Aug 2015 01:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17100

Actions (login required)

View Item View Item