PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN PENDEKATAN CTL TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MATERI SISTEM KOLOID

SITI HERI TUSYANTI, NIM. 11670044 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN PENDEKATAN CTL TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MATERI SISTEM KOLOID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN PENDEKATAN CTL TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MATERI SISTEM KOLOID)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN PENDEKATAN CTL TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MATERI SISTEM KOLOID)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keaktifan dan hasil belajar yang dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi Experiment (eksperimun semu) dengan desain penelitian Equivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL dan model pembelajaran TTW dengan pendekatan saintifik, sedangkan variabel terikatnya adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Wonokromo Bantul tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 49 siswa yang terbagi menjadi dua kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi kelas XI IPA sehingga pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 25 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test (uji-t) yang sebelumnya sudah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk menganalisis data hasil pretest dan posttest. Data penelitian berupa hasil belajar siswa dan lembar observasi keaktifan siswa dianalisis dengan uji independent sample t-test menggunakan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran tipe TPS dengan pendekatan CTL terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 1. Hal ini ditunjukkan dan dibuktikan dengan hasil uji (uji-t) dengan sig. 0,043 < 0,05 maka H0 ditolak. Artinya rata-rata nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda. (2) ada pengaruh model pembelajaran tipe TPS dengan pendekatan CTL terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dan dibuktikan dengan hasil uji-t dengan sig. senilai 0,22 < 0,05 maka H0 ditolak. Artinya rata-rata skor keaktifan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda. Kesimpulan hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan CTL berpengaruh positif terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Kata kunci: kooperatif, TPS, CTL, keaktifan belajar, dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: kooperatif, TPS, CTL, keaktifan belajar, dan hasil belajar
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Sep 2015 10:32
Last Modified: 01 Sep 2015 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17111

Actions (login required)

View Item View Item