OPTIMALISASI ALOKASI DISTRIBUSI PESTISIDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LINEAR PROGRAMMING (STUDY KASUS CV. JAYANTY BANYUMAS )

BAGUS KURNIAWAN, NIM. 08660081 (2015) OPTIMALISASI ALOKASI DISTRIBUSI PESTISIDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LINEAR PROGRAMMING (STUDY KASUS CV. JAYANTY BANYUMAS ). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI ALOKASI DISTRIBUSI PESTISIDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LINEAR PROGRAMMING (STUDY KASUS CV. JAYANTY BANYUMAS ))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI ALOKASI DISTRIBUSI PESTISIDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LINEAR PROGRAMMING (STUDY KASUS CV. JAYANTY BANYUMAS ))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

CV Jayanty Banyumas adalah distributor pestisida dari perusahaan PT. Petrosida Gresik Jawa Timur yang menyalurkan produknya ke lima belas kabupaten atau kota di wilayah Jawa Tengah. Produk yang distribusikan ada tiga jenis pestisida yaitu: Insektisida, Fungisida, dan Herbisida. Dalam pendistribusian pestisida saat ini CV. Jayanty terkendala pada permintaan yang tidak stabil karena kebutuhan pestisida petani musiman dan terbatasnya armada yang digunakan untuk pendistribusian pestisida sehingga stok di pengecer tersendat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alokasi distribusi optimal pestisida dari CV Jayanty ke daerah tujuan dan untuk mengetahui selisih biaya yang dikeluarkan perusahaan sebelum dan sesudah dilakukannya perhitungan pengiriman pestisida yang optimal. Adapun metode yang digunakan untuk mengkaji permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode Linear Programming model Transportasi. Hasil penelitian dengan menggunakan program software Lindo 6.1 menghasilkan nilai fungsi tujuan (total biaya distribusi) sebesar Rp.9.558.525,00 sedangkan biaya distribusi yang dialokasikan CV.Jayanty pada periode mendatang sebesarRp9.752.350, maka adaefisiensi biaya distribusi sebesar Rp.193.825,00. Dari ke lima belas daerah distribusi pestisida CV. Jayanty tiga belas daerah semua permintaan pestisida terpenuhi yaitu : Pemalang, Karanganyar, Kebumen, Gombong, Prembun, Banyumas, Majenang, Cilacap, Purwokerto, Purworejo, Banjarnegara, Wonosobo, Purbalingga. Sedangkan dua daerah yaitu Kutoarjo dan Brebes ada permintaan yang tidak terpenuhi. Untuk Kutoarjo dari permintaan insektisida dan herbisida terpenuhi tetapi untuk fungisida sebesar 675 kg hanya terpenuhi 446 kg, sedangkan untuk Brebes dari permintaan insektisida sebesar 558 kg hanya dapat terpenuhi 16 kg, untuk fungisida dari permintaan 8 kg tidak terpenuhi dan untuk herbisida dari permintaan 35 kg hanya dapat terpenuhi 7 kg Kata kunci: Distribusi, Linear Programming, Model Transportasi, Software Lindo 6.1

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Agustina Kurniawati, S.T.,M.Eng.
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Linear Programming, Model Transportasi, Software Lindo 6.1
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Sep 2015 09:34
Last Modified: 02 Sep 2015 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17113

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum