KESIAGAAN DALAM MENGHADAPI BENCANA DAN PELAKSANAAN PRESERVASI GREY LITERATURE DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

HARYANTO, NIM. 1220011026 (2015) KESIAGAAN DALAM MENGHADAPI BENCANA DAN PELAKSANAAN PRESERVASI GREY LITERATURE DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESIAGAAN DALAM MENGHADAPI BENCANA DAN PELAKSANAAN PRESERVASI GREY LITERATURE DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA)
1220011026_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KESIAGAAN DALAM MENGHADAPI BENCANA DAN PELAKSANAAN PRESERVASI GREY LITERATURE DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA)
1220011026_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (809kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesiagaan menghadapi bencana dan preservasi koleksi literatur kelabu di perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan field research yang bersifat kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah kesiagaan menghadapi bencana dan preservasi koleksi grey litterature. Hasil Penelitian Kesiagaan menghadapi bencana di perpustakaan FH UNS dilakukan melalui tahapan kegiatan Pencegahan yaitu melaui penyediaan buku tamu, alat pemadam kebakaran serta kamera CCTV. Kegiatan tanggapan yaitu dengan mengikutkan pelatihan preservasi yang meliputi perbaikan koleksi dari berbagai jenis kerusakan. Kegiatan reaksi melalui mengamankan koleksi yang telah terlanjur rusak agar tidak semakin parah. Kegiatan pemulihan yaitu melalui perbaikan koleksi yang mengalami kerusakan, memperbaiki sistem serta pendidian pemakai, sedangkan preservasi koleksi grey literature di perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta dilaksanakan melalui berbagai kegiatan, yaitu digitalisasi koleksi, pembasmian hewan perusak, penjilidan himpunan putusan pengadilan, restorasi halaman koleksi, kegiatan alih media, pengamanan perpustakaan, pemeliharaan kebersihan koleksi dan rak, pengaturan suhu ruangan dan pendidikan pemakai, Preservasi digital merupakan hal pokok dilakukan untuk preservasi literatur kelabu seperti skripsi dan tesis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurul Hak, S.Ag., M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: preservasi, siaga bencana, perpustakaan perguruan tinggi, literatur kelabu
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Sep 2015 14:07
Last Modified: 07 Mar 2024 15:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17118

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum