SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PESANAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR MAKE TO ORDER PEMBUAT MESIN-MESIN PENGOLAH ( Studi Kasus Pada UD Rekayasa Wangdi W )

INDRO PRAKOSO, NIM. 10660001 (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PESANAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR MAKE TO ORDER PEMBUAT MESIN-MESIN PENGOLAH ( Studi Kasus Pada UD Rekayasa Wangdi W ). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PESANAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR MAKE TO ORDER PEMBUAT MESIN-MESIN PENGOLAH ( Studi Kasus Pada UD Rekayasa Wangdi W ))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PESANAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR MAKE TO ORDER PEMBUAT MESIN-MESIN PENGOLAH ( Studi Kasus Pada UD Rekayasa Wangdi W ))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

UD. Rekayasa Wangdi W merupakan perusahaan Make To Order (MTO) pembuat mesin pengolah yang belum mempertimbangkan kapasitas sumberdaya dan due date pesanan sebagai acuan penerimaan pesanan. Padahal dengan menerima semua pesanan belum tentu memberikan keuntungan maksimal. Untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut, dilakukan perancangan sistem pendukung keputusan untuk perencanaan penerimaan pesanan pelanggan. SPK yang dirancang menggunakan Model matematika yang dikembangkan dan modifikasi oleh Hanim (2014) dari model matematika yang dibangun Chen et al (2009). Model yang dikembangkan mempunyai fungsi objektif maksimasi keuntungan dari pesanan yang diterima dan diterapkan dalam SPK yang dibangun .SPK tersebut dirancang dengan software Visual Basic 6.0 dan Model Matematika diolah dengan bantuan software Lingo 8.0 menggunakan metode branch and bound. Berdasarkan eksperimentasi dengan data historis, diperoleh hasil pesanan yang diterima hanya 4 unit slicer dan 10 unit spiner dengan keuntungan maksimal Rp53.115.530,00 dan penyelesaian pesanan yang tidak melebihi due date. Informasi penerimaan pesanan ditampilkan dalam bentuk tabel dan informasi Penjadwalan mesin ditampilkan dalam bentuk gantt chart. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Make-To-Order (MTO), kapasitas, due date, dan penerimaan pesanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Taufiq Aji, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Make-To-Order (MTO), kapasitas, due date, dan penerimaan pesanan.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Sep 2015 15:36
Last Modified: 03 Sep 2015 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17119

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum