PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN STAIN PONOROGO ( STUDI TERHADAP UKM PRAMUKA, KSR, DAN LPM )

SITTA MUFLIHAH, S.PD.I, NIM. 1320411147 (2015) PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN STAIN PONOROGO ( STUDI TERHADAP UKM PRAMUKA, KSR, DAN LPM ). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN STAIN PONOROGO ( STUDI TERHADAP UKM PRAMUKA, KSR, DAN LPM ))
1320411147_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN STAIN PONOROGO ( STUDI TERHADAP UKM PRAMUKA, KSR, DAN LPM ))
1320411147_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive) , perasaan (feeling), dan tindakan (action). Pendidikan karakter sudah tentu penting untuk semua tingkat pendidikan, yakni dari taman kanak-kanak atau taman bermain, sekolah dasar, hingga perguruan tinggiPerguruan Tinggi tidak hanya menumbuh kembangkan karakter mahasiswa melalui pembelajaran karakter pada semua perkuliahan, namun pendidikan karakter perlu ditanamkan pada semua staf pengajar, dosen, karyawan yaitu tentang tanggung jawab (responsibility), kedisiplinan (disciplinary), jujur (honest), dan cinta tanah air (patriotism). Bentuk nyata strategi pendidikan karakter di Perguruan Tinggi adalah adanya wadah untuk mahasiswa yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisa datanya menggunakan 3 tahapan yaitu, reduksi data, display dan pengambilan kesimpulan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah sebagai berikut:1). Bagaimana Strategi Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka, KSR dan LPM dalam mengembangkan karakter Mahasiswa di UIN SUNAN KALIJAGA Yogyakarta dan STAIN Ponorogo?. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan karakter mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka, KSR dan LPM di UIN SUNAN KALIJAGA Yogyakarta dan STAIN Ponorogo? 3) Apa nilai yang terbentuk dalam kegiatan UKM Pramuka, KSR, dan LPM di UIN SUNAN KALIJAGA Yogyakarta dan STAINPonorogo?. Dengan hasil penelitian sebagai berikut: 1) UKM pramuka , KSR, dan LPM di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan STAIN Ponorogo dalam mengembangkan karakter mahasiswa menggunakan strategi Knowing the good, Acton the good, dan Habituasi (pembiasaan). 2) Faktor pendukungnya adalah Wadah yang diberikan sudah sesuai dengan karakter mahasiswa, serta kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan karakter mahasiswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: Lingkungan selain lingkungan UKM yang akan mempengaruhi karakter baik mahasiswa,Kegiatan diluar kegiatan UKM yang diikuti mahasiswa, serta dana untuk mengadakan kegiatan-kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa. 3) Nilai -nilai yang berhasil dikembangkan dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka, KSR, dan LPM antara lain,Religius, Kerja Keras, Peduli Sosial, Peduli Lingkungan, Jujur, Disiplin, Kreatifitas, rasa Ingin Tahu, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Tanggung Jawab, Mandiri, Demokratis, Menghargai Prestasi, dan Gemar membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M. A ,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, UKM , strategi.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Sep 2015 09:22
Last Modified: 04 Sep 2015 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17127

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum