HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

SITI ASHLIHATUL LATHIFAH, NIM. 08710133 (2015) HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (780kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dan penyesuaian diri pada remaja pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara kematangan emosi dan penyesuaian diri pada remaja pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah remaja pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta yang berstatus mahasiswa, dengan sampel sebanyak 73 santri. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan skala kematangan emosi dan penyesuaian diri. Kemudian analisis datanya menggunakan teknik korelasi dari Spearman Rho dengan bantuan SPSS 16.00 for windows, yang diperoleh koefisien korelasi (r) = 0,842 dan p = 0,000 (p < 0,05). Jadi hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kematangan emosi dan penyesuaian diri pada remaja pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta, yakni semakin positif kematangan emosi seorang remaja maka semakin tinggi penyesuaian dirinya. Kata kunci : kematangan emosi, penyesuaian diri, remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Benny Herlena, M. Si.
Uncontrolled Keywords: kematangan emosi, penyesuaian diri, remaja
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:01
Last Modified: 08 Sep 2015 07:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17142

Actions (login required)

View Item View Item