TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENANGANAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) (STUDI KASUS DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) “SEKAR MELATI” KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013-2014)

AKHMAD KHARIS, NIM. 10350084 (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENANGANAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) (STUDI KASUS DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) “SEKAR MELATI” KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013-2014). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENANGANAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) (STUDI KASUS DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) “SEKAR MELATI” KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013-2014))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENANGANAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) (STUDI KASUS DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) “SEKAR MELATI” KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013-2014))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) diartikan sebagai tindak kekerasan yang secara khusus dilakukan dalam kehidupan rumah tangga. Salah satu upaya Pemerintah dalam menangani Kasus KDRT adalah pada tahun 2004 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang No.23 Tahun 2004 UU PKDRT yang meliputi upaya pencegahan, perlindungan, dan pemulihan korban KDRT, dan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No. 84/HUK/2010. Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No. 16 Tahun 2013 mengenai Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3). Salah satu Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) yang terdapat di Kota Yogyakarta adalah Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) “Sekar Melati” yang kemunculannya dilatarbelakangi karena tidak semua keluarga dapat menyelesaikan permasalahan dan konflik yang dialami, serta angka perceraian yang tinggi akibat konflik Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Lembaga ini muncul sebagai upaya antisipasi agar dampak yang diakibatkan oleh terjadinya kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) tidak berujung pada perceraian. Alasan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga ini disebabkan oleh banyak faktor, antara lain: faktor ekonomi, perselingkuhan, pernikahan dini, karakter suami istri dan adanya intervensi dari pihak lain. Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang terjadi di masyarakat, memicu lahirnya sebuah organisasi sosial yaitu Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) “Sekar Melati”. Penulis tertarik meneliti bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penanganan KDRT di Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) “Sekar Melati” tahun 2013-2014. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), penulis memperoleh data dari wawancara, pengamatan (observasi) dan dokumentasi dari Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) “Sekar Melati” Kota Yogyakarta tahun 2013-2014. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan normatif, yaitu pendekatan suatu masalah yang didasarkan atas hukum Islam, baik berasal dari nash Al-Qur‟ân, al Hadiś, kaidah-kaidah ushul fiqh, pendapat ulama serta dalil-dalil yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya penanganan yang dilakukan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) “Sekar Melati” Kota Yogyakarta sudah sesuai dengan hukum Islam. Upaya dalam mengatasi problematika keluarga, khususnya menyangkut masalah Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) meliputi upaya pencegahan, penyuluhan dan perlindungan terhadap korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Upaya pencegahan dilakukan dengan sistem konseling, outreach/jemput bola. Upaya penyuluhan dilakukan dengan pembentukan tim penggerak PKK tingkat kelurahan untuk selanjutnya akan dikembangkan ke tingkat RT/RW dan upaya perlindungan dilakukan dengan pendampingan hukum terhadap korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Ermi Suhasti, M.SI
Uncontrolled Keywords: Kekerasan dalam rumah tangga
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Sep 2015 01:57
Last Modified: 18 Sep 2015 01:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17167

Actions (login required)

View Item View Item