ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LABA PADA PERUSAHAAN ASURANSI JIWA SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2011-2013)

SANDI SOFIANDI, NIM. 10390034 (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LABA PADA PERUSAHAAN ASURANSI JIWA SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2011-2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LABA PADA PERUSAHAAN ASURANSI JIWA SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2011-2013))
10390034_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LABA PADA PERUSAHAAN ASURANSI JIWA SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2011-2013))
10390034_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Semaraknya penerapan prinsip syariah dalam lembaga keuangan bank, juga berdampak bagi lembaga keuangan bukan bank, termasuk didalamnya asuransi. Konsep asuransi konvensional yang menekankan pada pengalihan risiko (risk transferring), agar sesuai dengan prinsip syariah perlu diubah menjadi pembagian risiko berdasarkan prinsip tolong menolong (risk sharing). Kajian asuransi dalam hukum Islam merupakan hal yang baru, dan belum pernah ditemukan dalam literatur-literatur fiqh klasik. Asuransi syariah di Indonesia merupakan sebuah cita-cita yang telah dibangun sejak lama, dan telah menjadi sebuah lembaga asuransi modern yang siap melayani umat Islam Indonesia dan bersaing dengan lembaga asuransi konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, biaya, pendapatan investasi, dan rasio solvabilitas terhadap laba pada perusahaan asuransi jiwa syariah di Indonesia periode 2011-2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana data dinyatakan dengan menggunakan satuan angka. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 perusahaan asuransi jiwa syariah di Indonesia tahun 2011-2013. Sedangkan sampelnya adalah 15 perusahaan asuransi jiwa syariah di Indonesia tahun 2011-2013, sehingga keseluruhan sampel berjumlah 45. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, pendapatan, biaya, pendapatan investasi, dan rasio solvabilitas secara simultan berpengaruh terhadap laba. Pada pengujian secara parsial menunjukkan bahwa pendapatan investasi berpengaruh signifikan terhadap laba, sedangkan pendapatan, biaya, dan rasio solvabilitas tidak berpengaruh terhadap laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. SUNARSIH, SE., M.Si 2. Dr. IBNU MUHDIR, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pendapatan, biaya, pendapatan investasi, rasio solvabilitas, dan laba.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Sep 2015 11:17
Last Modified: 22 Sep 2015 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17194

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum