PENGARUH PRODUK PEMBIAYAAN MUDARABAH, MURABAHAH, MUSYARAKAH, IJARAH DAN QARD TERHADAP PROFITABILITAS BPR SYARIAH DI YOGYAKARTA

FAJAR PUTERA KURNIAWAN, NIM. 10391032 (2015) PENGARUH PRODUK PEMBIAYAAN MUDARABAH, MURABAHAH, MUSYARAKAH, IJARAH DAN QARD TERHADAP PROFITABILITAS BPR SYARIAH DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PRODUK PEMBIAYAAN MUDARABAH, MURABAHAH, MUSYARAKAH, IJARAH DAN QARD TERHADAP PROFITABILITAS BPR SYARIAH DI YOGYAKARTA)
10391032_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PRODUK PEMBIAYAAN MUDARABAH, MURABAHAH, MUSYARAKAH, IJARAH DAN QARD TERHADAP PROFITABILITAS BPR SYARIAH DI YOGYAKARTA)
10391032_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan mudarabah, murabahah, musyarakah, ijarah danqard terhadap profitabilitas BPR Syariah di Yogyakarta. Variabel independen yang digunakan pada penelitian ini adalah pembiayaan mudarabah, pembiayaan murabahah, pembiayaan musyarakah, pembiayaan ijarah dan pembiayaan qard sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah Profitabilitas. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan jumlah observasi yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak72 pengamatan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yangmenampilkan laporan keuangan selama periode 2011-2013.Proses analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian uji-t ini menunjukka bahwa pembiayaan mudarabah, murabahah dan musyarakah yang di proksikan dengan Return On Asset (ROA) berpengaruh positif terhadap Profitabilitas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Pembiayaan ijarah berpengaruh negatif terhadap profitabilitas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Pembiayaan ijarah berpengaruh negatif hal ini mengidentifikasikan bahwa pembiayaan yang disalurkan masih belum produktif serta pembiayaan ini masih kurang diminati oleh masyarakat luas.Pembiayaan qard berpengaruh negatif memang sifat dari produk ini aalah sebagai dana talangan dan tidak berfokus terhadap keuntungan secara material melainkan lebih mengedepankan kinerja sosial sebagai Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. Dr. SYAFIQ M. HANAFI,M.Ag 2. Dr. IBNU MUHDIR,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Return On Asset (ROA), pembiayaan mudarabah, pembiayaan murabahah, pembiayaan musyarakah, pembiayaan ijarah dan pembiayaan qard.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Sep 2015 11:24
Last Modified: 22 Sep 2015 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17199

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum