PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BPD DIY SYARIAH CABANG CIK DI TIRO

MUHAMMAD ARIS WIBOWO, NIM. 10391034 (2015) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BPD DIY SYARIAH CABANG CIK DI TIRO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BPD DIY SYARIAH CABANG CIK DI TIRO)
10391034_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BPD DIY SYARIAH CABANG CIK DI TIRO)
10391034_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tabungan merupakan produk yang berfungsi untuk penghimpunan dana dan kemudian untuk pembiayaan. Tabungan yang memakai sistem syariah dalam operasionalnya memiliki beberapa akad, antara lain mudharobah, salam dan wadiah. Dengan pembiayaan ini pihak bank akan mendapat keuntungan dan akan menjadi dana yang nantinya akan dibagihasilkan kepada nasabah tabungan. Untuk menghimpun dana diperlukan strategi-strategi agar menarik para nasabahnya untuk selalu melakukan transaksi perbankan secara terus-menerus. Dari situlah peneliti ini mengambil lima variabel independen yaitu trust (kepercayaan), Commitment (komitmen), communication (komunikasi), conflict handling (penanganan keluhan), customer satisfaction (kepuasan pelanggan). Sedangkan untuk variabel dependen yaitu loyalitas nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah trust, commitment, communication dan conflict handling memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini termasuk studi lapangan (Field Study) yaitu studi yang dilakukan dalam situasi alami dengan jumlah intervensi minimal dari peneliti terhadap arus kejadian dalam situasi, karena data diperoleh dari nasabah BPD DIY Syariah sebagai objek penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BPD DIY Syariah yang menggunakan jasa perbankan berupa tabungan dan kemudian populasi tersebut menjadi objek penelitian. Berdasarkan hasil pengujian penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan) trust, commitment, communication, conflict handling dan customer satisfaction berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Untuk uji koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar (0,398) hal ini menunjukkan bahwa trust, commitment, communication, conflict handling dan customer satisfaction berpengaruh 39,8% terhadap loyalitas nasabah dan sisanya 60,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan dari hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa trust, commitment dan communication tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan untuk conflict handing dan customer satisfaction secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN., SE., M. Si 2. DIAN NURIYAH SOLISSA., SHI., MSI
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Trust, Commitment, Communication, Conflict Handling, Customer Satisfaction dan Loyalitas Nasabah.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Sep 2015 11:26
Last Modified: 22 Sep 2015 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17200

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum