PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, EFISIENSI OPERASIONAL (BOPO) DAN SIZE OF BANK TERHADAP LIKUIDITAS CASH RATIO (STUDI PADA BPR SYARIAH DI YOGYAKARTA YANG TERDAFTAR DI BANK INDONESIA PERIODE 2012-2014)

INDAH SURYA DEWI, NIM. 11390001 (2015) PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, EFISIENSI OPERASIONAL (BOPO) DAN SIZE OF BANK TERHADAP LIKUIDITAS CASH RATIO (STUDI PADA BPR SYARIAH DI YOGYAKARTA YANG TERDAFTAR DI BANK INDONESIA PERIODE 2012-2014). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, EFISIENSI OPERASIONAL (BOPO) DAN SIZE OF BANK TERHADAP LIKUIDITAS CASH RATIO (STUDI PADA BPR SYARIAH DI YOGYAKARTA YANG TERDAFTAR DI BANK INDONESIA PERIODE 2012-2014))
11390001_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, EFISIENSI OPERASIONAL (BOPO) DAN SIZE OF BANK TERHADAP LIKUIDITAS CASH RATIO (STUDI PADA BPR SYARIAH DI YOGYAKARTA YANG TERDAFTAR DI BANK INDONESIA PERIODE 2012-2014))
11390001_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan dunia perbankan sangat pesat setelah terjadinya deregulasi di bidang keuangan, moneter dan perbankan pada Juni 1983. Deregulasi itu telah mengakibatkan kebutuhan dana melalui perbankan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kegagalan suatu perbankan dapat menimbulkan akibat yang sistemik terhadap perekonomian suatu negara. Industri perbankan adalah industri yang syarat risiko. Hal ini dikarenakan industri perbankan melibatkan dana masyarakat. Salah satu risiko yang harus dihadapi adalah risiko likuiditas bank yang bisa saja terjadi karena keadaan bank yang tidak likuid. setiap bank yang sehat wajib memelihara likuiditas minimum atau yang lazim disebut cash ratio atau reserve requirement, yaitu perbandingan antara alat-alat likuid yang dikuasai bank dengan kewajiban yang segera harus dibayar. Penelitian ini akan menguji bagaimana DPK, efisiensi operasional (BOPO) dan size of bank mempengaruhi likuiditas BPR Syariah di Yogyakarta yang terdaftar di BI periode Maret 2012 – Desember 2014. Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh DPK, efisiensi operasional BOPO dan size of bank secara parsial dan simultan terhadap likuiditas cash ratio pada BPR Syariah di Yogyakarta yang terdaftar di BI. Populasi dalam penelitian ini adalah BPR Syariah yang terdaftar di BI periode Maret 2012 – Desember 2014 yang telah mempublikasikan laporan keuangannya. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah likuiditas cash ratio sedangkan variabel independennya adalah DPK, efisiensi operasional (BOPO) dan size of bank. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder BPR Syariah di Yogyakarta yang diperoleh melalui website resmi Bank Indonesia, yang terdiri dari tiga BPR Syariah yaitu BPR Syariah Barokah Dana Sejahtera, BPR Syariah Dana Hidayatullah dan BPR Syariah Mitra Harmoni Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan DPK, efisiensi operasional (BOPO) dan size of bank memiliki pengaruh terhadap likuiditas cash ratio sebesar 31.8%. Secara parsial, variabel DPK tidak berpengaruh terhadap likuiditas cash ratio, sedangkan variabel efisiensi operasional (BOPO) dan size of bank berpengaruh terhadap likuiditas cash ratio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Dr. H. SYAFIQ MAHMADAH HANAFI, S.Ag, M.Ag 2. Dr. IBNU MUHDIR., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Dana Pihak Ketiga, Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional, size of bank, cash ratio.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Sep 2015 11:36
Last Modified: 22 Sep 2015 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum