PENGARUH INFLASI, DEBT TO EQUITY RATIO, UKURAN PERUSAHAAN, DAN JATUH TEMPO OBLIGASI TERHADAP RETURN OBLIGASI SYARIAH IJĀRAH DI INDONESIA

PENI NURAINI, NIM. 11390018 (2015) PENGARUH INFLASI, DEBT TO EQUITY RATIO, UKURAN PERUSAHAAN, DAN JATUH TEMPO OBLIGASI TERHADAP RETURN OBLIGASI SYARIAH IJĀRAH DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INFLASI, DEBT TO EQUITY RATIO, UKURAN PERUSAHAAN, DAN JATUH TEMPO OBLIGASI TERHADAP RETURN OBLIGASI SYARIAH IJĀRAH DI INDONESIA)
11390018_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INFLASI, DEBT TO EQUITY RATIO, UKURAN PERUSAHAAN, DAN JATUH TEMPO OBLIGASI TERHADAP RETURN OBLIGASI SYARIAH IJĀRAH DI INDONESIA)
11390018_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Obligasi syariah ijᾱrah yang memberikan return tetap lebih diminati investor dibandingkan dengan obligasi syariah muḍᾱrabah. Return yang tetap merupakan salah satu daya tarik investor untuk berinvestasi pada obligasi syariah ijᾱrah, sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi return obligasi syariah ijᾱrah menjadi hal yang menarik untuk dianalisis. Faktor-faktor seperti inflasi, debt to equity ratio, ukuran perusahaan, dan jatuh tempo obligasi diprediksi merupakan hal-hal yang mempengaruhi return obligasi syariah ijᾱrah. Dengan demikian studi ini akan meneliti pengaruh inflasi, debt to equity ratio, ukuran perusahaan, dan jatuh tempo obligasi terhadap return obligasi syariah ijᾱrah pada perusahaan yang terdaftar dan menerbitkan obligasi syariah ijᾱrah di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh inflasi, debt to equity ratio, ukuran perusahaan, dan jatuh tempo obligasi secara parsial dan simultan terhadap return obligasi syariah ijᾱrah pada perusahaan yang terdaftar dan menerbitkan obligasi syariah ijᾱrah di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dan menerbitkan obligasi syariah ijᾱrah di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2014 yang menerbitkan laporan keuangan lengkap dan dipublikasikan. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah return obligasi syariah ijᾱrah sedangkan variabel independennya adalah inflasi, debt to equity ratio, ukuran perusahaan, dan jatuh tempo obligasi. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui website resmi perusahaanperusahaan yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini, website Bursa Efek Indonesia, website Bank Indonesia, website Otoritas Jasa Keuangan, dan Bursa Efek Indonesia Perwakilan Yogyakarta, Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (Uji F) inflasi, debt to equity ratio, ukuran perusahaan, dan jatuh tempo obligasi memiliki pengaruh terhadap return obligasi syariah ijᾱrah sebesar 44.6%. Secara parsial atau (Uji t) menunjukkan bahwa variabel inflasi berpengaruh terhadap return obligasi syariah ijᾱrah dengan tingkat signifikansi sebesar 0.009 dengan α < 0,05. Debt to equity ratio, p value menunjukkan nilai 0.001 yang berarti debt to equity ratio berpengaruh terhadap return obligasi syariah ijᾱrah karena 0.001 < 0.05. Ukuran perusahaan dan jatuh tempo obligasi masing-masing menunjukkan nilai p value 0.012 dan 0.012, yang berarti kurang dari 0.05. Sehingga dapat disimpulkan ukuran perusahaan dan jatuh tempo obligasi juga berpengaruh terhadap return obligasi syariah ijᾱrah di Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Dr. MISNEN ARDIANSYAH, S.E., M.Si., Ak., CA. 2. Dr. IBNU MUHDIR, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Inflasi, Debt to Equity Ratio, Ukuran Perusahaan, Jatuh Tempo Obligasi, Return Obligasi Syariah Ijᾱrah di Indonesia.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Sep 2015 11:45
Last Modified: 22 Sep 2015 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17210

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum