PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND TRUST DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS (STUDI KASUS PADA BNI SYARIAH KANTOR CABANG YOGYAKARTA)

LAYYINATUL ASRI, NIM. 11390023 (2015) PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND TRUST DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS (STUDI KASUS PADA BNI SYARIAH KANTOR CABANG YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND TRUST DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS (STUDI KASUS PADA BNI SYARIAH KANTOR CABANG YOGYAKARTA))
11390023_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND TRUST DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS (STUDI KASUS PADA BNI SYARIAH KANTOR CABANG YOGYAKARTA))
11390023_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan industri syariah di Indonesia menyebabkan munculnya berbagai merek bank syariah yang diketahui oleh masyarakat luas merupakan bank yang menggunakan prinsip syariah. BNI merupakan salah satu bank konvensional yang sejak tahun 2000 mulai merintis unit usaha syariah. Unit usaha tersebut lebih dikenal dengan nama BNI Syariah yang awal mula didirikan hanya memiliki 5 kantor cabang. Namun kini BNI Syariah sudah jauh berkembang dengan bertambahnya kantor cabang yang tersebar di Indonesia. Diketahui sampai pada tahun 2014, BNI Syariah memilki 65 kantor cabang, 161 kantor cabang pembantu, 17 kantor kas, 22 mobil layanan gerak dan 20 payment point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh brand awareness (kesadaran merek), brand trust (kepercayaan merek) dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah dengan studi kasus pada BNI Syariah Cabang Yogyakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang mempunyai rekening tabungan serta aktif melakukan transaksi pada BNI Syariah. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Adapun kriteria yang dimaksud diantaranya adalah hanya memilih nasabah yang membuka tabungan pada BNI Syariah Cabang Yogyakarta. Selanjutnya besarnya sampel dihutung berdasarkan rumus Slovin sehingga didapatkan sebanyak 100 nasabah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian instrumen yang meliputi uji vailidatas, reliabilitas dan uji asumsi klasik dan terakhir uji regresi linear berganda yang terdiri dari uji F, koefisien determinasi dan Uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama brand awareness, brand trust dan kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah. Secara parsial brand trust dan kepuasan berpengaruh positif signifikan sementara brand awareness menunjukkan hal yang berbeda yaitu tidak ditemukan adanya pengaruh terhadap loyalitas nasabah. Adapun berdasarkan uji koefisien determinasi, sebesar 47,6% variabel dependen yaitu loyalitas nasabah dijelaskan oleh variabel brand awareness, brand trust dan kepuasan nasabah. Sedangkan sisanya sebesar 52,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. JOKO SETYONO, SE., M.Si 2. DR. IBNU MUHDIR, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : brand awareness, brand trust, kepuasan dan loyalitas
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Sep 2015 07:44
Last Modified: 25 Sep 2015 07:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum