ANALISIS PERBANDINGAN PENGARUH PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX DAN LQ 45 TAHUN 2011-2013

LAYLA RAHMADIANA YUSUF, NIM. 11390029 (2015) ANALISIS PERBANDINGAN PENGARUH PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX DAN LQ 45 TAHUN 2011-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERBANDINGAN PENGARUH PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX DAN LQ 45 TAHUN 2011-2013)
11390029_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERBANDINGAN PENGARUH PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX DAN LQ 45 TAHUN 2011-2013)
11390029_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tingkat persaingan bisnis saat ini kian hari semakin berat dan ketat, strategi untuk memenangkan pasar menjadi hal yang mutlak bagi setiap perusahaan. Perusahaan didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kemakmuran pemegang saham atau pemilik perusahaan melalui peningkatan nilai perusahaan. Teori signaling mengatakan bahwa perusahaan bagus kinerjanya dapat memberikan sinyal berupa membayarkan dividen tunai dalam jumlah yang relatif besar. Investor yang paham akan hal ini akan memberikan nilai tinggi pada perusahaan yang membayarkan dividen besar dan memberikan nilai rendah pada perusahaan yang dividennya kecil. Dengan demikian studi ini akan meneliti pengaruh pengaruh profitabilitas dan kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan dan juga membandingan apakah terdapat perbedaan yang signifikan dari profitabilitas, kebijakan dividen dan nilai perusahaan pada JII dan LQ-45. Penelitian ini termasuk kategori penelitian eksplanatori. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh keterangan, informasi, data mengenai hal-hal yang belum diketahui sebelumnya. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh profitabilitas dan kebijakan dividen secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan di JII dan LQ-45 dan juga. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di JII periode 2011-2013 yang telah mempublikasikan laporan keuangannya. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan sedangkan variabel independennya adalah profitabilitas dan kebijakan dividen. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui website resmi perusahaan-perusahaan yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini, pojok Bursa Efek Indonesia Universitas Islam Indonesia (UII), Indonesian Capital Market Directory (ICMD), media cetak dan elektronik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan uji beda (independent sample t test). Hasil penelitian menunjukkan secara simultan profitabilitas dan kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan terdapat perbedaan dari profitabilitas, kebijakan dividen, dan nilai perusahaan pada JII dan LQ-45. Secara parsial, variabel profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perushaaan pada JII dan LQ-45, kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada JII dan tidak berpengaruh pada LQ-45. Sementara itu tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari profitabilitas, kebijakan dividen dan nilai perusahaan pada JII dan LQ-45.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Dr. MISNEN ARDIANSYAH, SE., M. Si., Ak 2. Dr. IBNU MUHDIR, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Profitability, Dividend Policy, Corporate Value.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Sep 2015 07:45
Last Modified: 25 Sep 2015 07:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17212

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum