PENGARUH ALIRAN KAS BEBAS, LABA BERSIH, KEPUTUSAN PENDANAAN DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN PADA INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2012-2014

FATAYATTUN, NIM. 11390052 (2015) PENGARUH ALIRAN KAS BEBAS, LABA BERSIH, KEPUTUSAN PENDANAAN DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN PADA INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2012-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH ALIRAN KAS BEBAS, LABA BERSIH, KEPUTUSAN PENDANAAN DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN PADA INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2012-2014)
11390052_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH ALIRAN KAS BEBAS, LABA BERSIH, KEPUTUSAN PENDANAAN DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN PADA INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2012-2014)
11390052_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Return saham merupakan tingkat keuntungan yang dinikmati oleh investor atas suatu investasi saham. Tanpa adanya keuntungan yang dapat dinikmati dari suatu investasi, tentunya investor tidak akan melakukan investasi. Melalui pengukuran return historis pada suatu perusahaan, investor dapat memperkirakan tingkat return yang akan diterima dari investasi masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aliran kas bebas, laba bersih, keputusan pendanaan dan return on asset (ROA) terhadap return saham. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2011-2014. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 16. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Laporan keuangan perusahaan diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dan finance.yahoo.com. Untuk membuktikan penelitian ini ada pengaruh atau tidak, peneliti menggunakan regresi linier berganda untuk membuktikan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan variabel Keputusan Pendanaan dan ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, sedangkan aliran kas bebas dan laba bersih tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Variabel keputusan pendanaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham menunjukkan bahwa semakin tinggi keputusan pendanaan maka semakin tinggi tingkat return saham yang akan diterima. Variabel ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham menunjukkan bahwa semakin tinggi ROA maka semakin tinggi tingkat return saham yang akan diterima. Sedangkan variabel aliran kas bebas tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham menunjukkan bahwa informasi yang berkaitan dengan aliran kas bebas tidak sampai pada investor karena analisis aliran kas bebas yang membutuhkan waktu yang lama. Variabel laba tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham menunjukkan bahwa investor tidak hanya menggunakan faktor fundamental dalam mengambil keputusan investasi, tetapi juga menggunakan variabel teknikal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING : 1. Dr. MISNEN ARDIANSYAH, S.E., M.Si., Akt., CA 2. H.M. YAZID AFANDI, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Return Saham, Aliran Kas Bebas, Laba Bersih, Keputusan Pendanaan, ROA.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Sep 2015 08:03
Last Modified: 25 Sep 2015 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17221

Actions (login required)

View Item View Item