PENGARUH PENGUMUMAN KABINET KERJA PEMERINTAHAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)

EVI SRI WAHYUNINGSIH, NIM. 11390062 (2015) PENGARUH PENGUMUMAN KABINET KERJA PEMERINTAHAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUMUMAN KABINET KERJA PEMERINTAHAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX))
11390062_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGUMUMAN KABINET KERJA PEMERINTAHAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX))
11390062_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh pengumuman kabinet kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla terhadap abnormal return dan volume perdagangan saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Secara umum pengumuman kabinet kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan berdampak pada keputusan para investor setelah mengetahui susunan menteri-menteri yang akan bekerja membantu Presiden dan Wakil Presiden selama 5 tahun yang berimbas pasa proyeksi analisis investor dalam mempengaruhi harga-harga sekuritas di pasar modal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi peristiwa (event study) yang akan menganalisis perubahan abnormal return dan volume perdagangan saham di sekitar pengumuman kabinet kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perubahan abnormal return dan volume perdagangan saham yang signifikan di sekitar peristiwa pengumuman kabinet kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Pengujian penelitian ini menggunakan uji t untuk observasi dengan tingkat signifikansi α:5% dan df:5. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan periode pengamatan 3 hari sebelum dan 3 hari sesudah pengumuman kabinet kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 18 perusahaan yang tidak melakukan corporate action di sekitar peristiwa pengumuman atau pengamatan. Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa tidak terdapat perubahan yang signifikan terhadap rata-rata abnormal return baik sebelum dan sesudah pengumuman kabinet kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Hal ini menunjukkan pengumuman kabinet kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla memiliki kandungan informasi yang cukup kuat, karena investor memiliki informasi yang sama dan direspon yang sama oleh para investor dalam menyerap informasinya, sehingga penelitian ini mendukung konsep pasar efisien setengah kuat dimana pada prinsipnya suatu pasar dinyatakan efisien dalam bentuk setengah kuat bila informasi terserap oleh pasar. Sedangkan hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa secara statistik tidak terdapat perubahan yang signifikan rata-rata volume perdagangan sebelum dan sesudah pengumuman kabinet kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Hal ini menunjukkan bahwa pasar masih melakukan aksi wait and see sebagai langkah kehati-hatian dan menghindari risiko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING : 1. Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN, S.E., M.Si 2. H.M. YAZID AFFANDI, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kabinet kerja, event study, abnormal return dan volume perdagangan.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Sep 2015 01:09
Last Modified: 25 Sep 2015 01:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17224

Actions (login required)

View Item View Item