ANALISIS REAKSI PASAR SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN AKTIVITAS VOLUME PERDAGANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2011-2014

AN NISSA IKHFANA, NIM. 11391021 (2015) ANALISIS REAKSI PASAR SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN AKTIVITAS VOLUME PERDAGANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2011-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS REAKSI PASAR SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN AKTIVITAS VOLUME PERDAGANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2011-2014)
11391021_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS REAKSI PASAR SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN AKTIVITAS VOLUME PERDAGANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2011-2014)
11391021_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis dan menjelaskan pengaruh pengumuman right issue terhadap abnormal return dan aktivitas volume perdagangan saham pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam kelompok Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Pengumuman right issue dikeluarkan oleh perusahaan bertujuan untuk menghindari timbulnya dilusi atau pemilik saham baru dan untuk memperkuat struktur modal perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi peristiwa (event study) yang akan menganalisis perubahan pergerakan abnormal return dan volume perdagangan saham di sekitar pengumuman right issue. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perubahan rata-rata abnormal return dan rata-rata volume perdagangan saham yang signifikan disekitar pengumuman right issue. Pengujian penelitian ini menggunakan uji beda dua rata-rata dengan uji t-statisitik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan periode pangamatan 5 hari sebelum pengumuman right issue dan 5 hari sesudah pengumuman right issue dengan jumlah sampel sebanyak 28 perusahaan yang tidak melakukan coorporate action selain right issue disekitar periode pengamatan. Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan tidak adanya perbedaan rata-rata abnormal return yang signifikan baik sebelum dan sesudah pengumuman right issue. Hal ini menunjukkan tidak terdapat reaksi pasar yang signifikan disepanjang periode pengumuman right issue yang berarti bahwa investor tidak merespon peristiwa yang dikeluarkan oleh perusahaan. Sedangkan hasil pengujian pada hipotesis kedua tidak menunjukkan adanya perubahan yang signifikan pada setiap rata-rata volume perdagangan saham baik sebelum maupun sesudah pengumuman right issue. Hal ini menunjukkan sedikitnya respon pasar terhadap pengumuman right issue yang tidak menimbulkan minat investor untuk membeli efek yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. SUNARSIH, SE, M.Si. 2. H.M.YAZID AFANDI.,M.Ag.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Sep 2015 08:27
Last Modified: 25 Sep 2015 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum