ANALISIS PENGARUH KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN, KREDIT PERBANKAN, JUMLAH PENDUDUK, INVESTASI, DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

DITA TRISTYANA SARI, NIM. 11391026 (2015) ANALISIS PENGARUH KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN, KREDIT PERBANKAN, JUMLAH PENDUDUK, INVESTASI, DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN, KREDIT PERBANKAN, JUMLAH PENDUDUK, INVESTASI, DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
11391026_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN, KREDIT PERBANKAN, JUMLAH PENDUDUK, INVESTASI, DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
11391026_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan masalah perekonomian dalam jangka panjang yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ketimpangan distribusi pendapatan, kredit perbankan, jumlah penduduk, investasi, dan pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel. Untuk tujuan analisis digunakan data sekunder berupa data cross section yaitu 5 kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta dan data time series (2003-2013), yaitu data rasio gini, jumlah kredit perbankan, jumlah penduduk, investasi yang berupa jumlah kumulatif penanaman modal dalam negeri dan penanaman modal asing, pengeluaran pemerintah, dan PDRB tiap kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan menggunakan STATA 12.0, model cammon effect terpilih sebagai model terbaik dalam mengestimasi data panel yang ada. Dari hasil uji F disimpulkan bahwa ketimpangan distribusi pendapatan, kredit perbankan, jumlah penduduk, investasi, dan pengeluaran pemerintah secara bersama-sama berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara parsial, ketimpangan distribusi pendapatan, kredit perbankan, jumlah penduduk, investasi, dan pengeluaran pemerintah berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil nilai Adjusted R-squared 0.8993 yang mengartikan bahwa 89,93% dari variabel terikat yaitu pertumbuhan ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta dapat dijelaskan oleh variabel-variabel bebasnya yaitu ketimpangan distribusi pendapatan, kredit perbankan, jumlah penduduk, investasi, dan pengeluaran pemerintah. Sisanya sebesar 10,07% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan kedalam model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. M. GHAFUR WIBOWO, S.E, M.Sc 2. H. M. YAZID AFANDI., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pertumbuhan ekonomi, ketimpangan distribusi pendapatan, kredit perbankan, jumlah penduduk, investasi, pengeluaran pemerintah.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Sep 2015 08:29
Last Modified: 25 Sep 2015 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum