PERAN MANAJEMEN PADA PENYALURAN PEMBIAYAAN DI BMT BINA IHSANUL FIKRI GEDONG KUNING

TRI SUSILO, NIM. 11391050 (2015) PERAN MANAJEMEN PADA PENYALURAN PEMBIAYAAN DI BMT BINA IHSANUL FIKRI GEDONG KUNING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN MANAJEMEN PADA PENYALURAN PEMBIAYAAN DI BMT BINA IHSANUL FIKRI GEDONG KUNING)
11391050_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN MANAJEMEN PADA PENYALURAN PEMBIAYAAN DI BMT BINA IHSANUL FIKRI GEDONG KUNING)
11391050_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembiayaan bermasalah adalah problematika utama lembaga keuangan, baik bank maupun non-bank. Secara tidak langsung pembiayaan bermasalah ini dapat mempengaruhi profitabilitas perusahaan. Timbulnya pembiayaan bermasalah karena beberapa faktor, faktor internal lembaga keuangan seperti kelalaian petugas pembiayaan dalam menyeleksi calon nasabah, tidak mengikuti prosedur yang ada, hingga faktor keluarga dan pertemanan sehingga merasa tidak enak jika tidak memberikan kemudahan dalam pembiayaan. Faktor kesengajaan dengan memanfaatkan lemahnya sistem yang ada, faktor ekternal timbul dari pihak nasabah yang dengan sengaja tidak membayar kewajibanya, memberikan data yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya hingga menggunakan dana tidak sesuai dengan tujuan awal permohonan pembiayaan. Berbagai upaya telah dilakukan, dari perbaikan sistem, pemilihan sumber daya manusia yang berkualitas, hingga pengadaan pelatihan dan pendidikan belum bisa menjamin tidak akan terjadi pembiayaan bermasalah di masa mendatang. Oleh karena itu, semua elemen yang ada di dalam lembaga keuangan harus saling bekerja sama dalam mencegah dan menangani pembiayaan bermasalah, terutama pihak manajer selaku pemegang kekuasaan penuh dan pengendali perusahaan harus selalu mengkoordinir petugas supaya tidak terjadi pembiayaan bermasalah yang lebih besar. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukan bahwa penyebab utama pembiayaan bermasalah adalah karakter nasabah maupun karakter petugas pembiayaan. Dari data yang penulis analisis diketahui bahwa selama 2010 sampai 2014 jumlah pembiayaan bermasalah selalu mengalami penurunan. Tahun 2010 total pembiayaan bermasalah sebesar 6,51%, tahun 2011 sebesar 4,13%, tahun 2012 sebesar 3,39%, tahun 2013 mengalami kenaikan sebesar 0,01% menjadi 3.40% dan tahun 2014 menagalmi penurunan lagi sebesar 0.07% menjadi 3,33%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : DR. H. SYAFIQ M. HANAFI, M.Ag. DR. IBNU MUHDIR, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembiayaan Bermasalah, Character, Capacity, Capital, Collateral, Conditional, Syariah.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Sep 2015 08:36
Last Modified: 25 Sep 2015 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17236

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum