PENGGUNAAN AL-QUR’AN DALAM MUJAHADAH DI MASJID ASY-SYIFA’ KEPUH, GONDOKUSUMAN 3, YOGYAKARTA (STUDI LIVING QUR’AN)

TRIONO ADI ATMOJO, NIM. 10530047 (2015) PENGGUNAAN AL-QUR’AN DALAM MUJAHADAH DI MASJID ASY-SYIFA’ KEPUH, GONDOKUSUMAN 3, YOGYAKARTA (STUDI LIVING QUR’AN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN AL-QUR’AN DALAM MUJAHADAH DI MASJID ASY-SYIFA’ KEPUH, GONDOKUSUMAN 3, YOGYAKARTA (STUDI LIVING QUR’AN))
10530047_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN AL-QUR’AN DALAM MUJAHADAH DI MASJID ASY-SYIFA’ KEPUH, GONDOKUSUMAN 3, YOGYAKARTA (STUDI LIVING QUR’AN))
10530047_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Penggunaan al-Qur’an dalam Mujahadah di Masjid Asy-Syifa’ Kepuh, Gondokusuman 3, Yogyakarta bertujuan untuk membantu para jama’ah dalam mendalami bacaan mujahadah, serta memberikan tambahan wawasan, pengertian dan pemahaman kepada jama’ah tentang makna sesungguhnya diadakan mujahadah. Dalam penelitian ini dibatasi pada tiga masalah penting yang perlu diteliti. Pertama, sejarah dan faktor-faktor kelestarian mujahadah di Masjid Asy- Syifa’. Kedua,ayat-ayat al-Qur’an yang digunakan untuk mujahadah beserta penafsiran dari pendiri mujahadah. Ketiga, manfaat munjahadah yang dirasakan oleh jama’ahnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian diskriptif kualitatif dengan metode fenomenologi. Alasan pemilihan metode fenomenologi, karena peneliti ingin mengungkapkan penafsiran, pemahaman atau pandangan, dan persepsi para jama’ah mujahadah terhadap mujahadah yang diikuti. Dari penelitian yang dilakukan peneliti, maka dapat ditemukan bahwa mujahadah di Masjid Asy-Syifa’ sudah berjalan sekitar 14 tahun, 5 tahun bermula dari kegiatan keluarga bapak M. Nawawi dan 9 tahun dijadikan kegiatan di masjid hingga saat ini. Baik ketika masih menjadi kegiatan keluarga atau sudah menjadi kegiatan masjid di Masjid Asy-Syifa’, mujahadah tersebut dilakukan setiap hari jum’at malam sekitar pukul 20.00 WIB. Mujahadah juga bersumber kepada al-Qur’an dan hadis sebagai penguatnya. Adapun ayat-ayat al-Qur’an yang digunakan ketika bermujahadah adalah Bacaan basmalah dan Surat al-Fatihah. Potongan ayat dari Surat al- Baqarah ayat 255. Potongan ayat dari Surat Ali ‘Imran ayat 173. Potongan ayat dari Surat al-Anfal ayat 40. Potogan ayat dari Surat al-Hasyr ayat 22. Selain itu, dapat ditemukan bahwasannya mujahadah mengandung banyak manfaat, baik dari segi moral/ruhani dan dari segi material. Peneliti juga menemukan, bahwa ketika anak yang masih dalam usia balita diikut sertakan dalam mengikuti mujahadah, maka keuntungan anak tersebut adalah membiasakan agar senantiasa berzikir, mendapatkan pengetahuan berdo’a juga memberikan rangsangan kepada anak tersebut untuk mengikuti do’a-do’a/zikirzikir yang ada. Bahkan, ketika anak tersebut bermain maka bacaan dalam mujahadah tersebut bisa mereka ucapkan ketika sedang bermain dengan permainannya. Oleh karena itu, peneliti mengajak kepada para pembaca yang budiman, ketika masih mempunyai anak usia balita hendaklah dibiasakan dalam kegiatan-kegiatan yang baik seperti salah satu contohnya mujahadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mohamad Yusup, M.SI
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Sep 2015 03:02
Last Modified: 25 Sep 2015 03:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17242

Actions (login required)

View Item View Item