PEMAHAMAN PEMUKA AGAMA ISLAM KOMPLEK PUJA MANDALA TERHADAP AYAT-AYAT TOLERANSI BERAGAMA YANG MEMPENGARUHI PERILAKU TOLERAN UMAT ISLAM DI SEKITARNYA (KAJIAN LIVING QUR’AN DI KOMPLEK PERIBADATAN PUJA MANDALA, BADUNG, BALI)

PANGERAN SRI NAGA PUSPA, NIM. 10532024 (2015) PEMAHAMAN PEMUKA AGAMA ISLAM KOMPLEK PUJA MANDALA TERHADAP AYAT-AYAT TOLERANSI BERAGAMA YANG MEMPENGARUHI PERILAKU TOLERAN UMAT ISLAM DI SEKITARNYA (KAJIAN LIVING QUR’AN DI KOMPLEK PERIBADATAN PUJA MANDALA, BADUNG, BALI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMAHAMAN PEMUKA AGAMA ISLAM KOMPLEK PUJA MANDALA TERHADAP AYAT-AYAT TOLERANSI BERAGAMA YANG MEMPENGARUHI PERILAKU TOLERAN UMAT ISLAM DI SEKITARNYA (KAJIAN LIVING QUR’AN DI KOMPLEK PERIBADATAN PUJA MANDALA, BADUNG, BALI))
10532024_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMAHAMAN PEMUKA AGAMA ISLAM KOMPLEK PUJA MANDALA TERHADAP AYAT-AYAT TOLERANSI BERAGAMA YANG MEMPENGARUHI PERILAKU TOLERAN UMAT ISLAM DI SEKITARNYA (KAJIAN LIVING QUR’AN DI KOMPLEK PERIBADATAN PUJA MANDALA, BADUNG, BALI))
10532024_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemahaman pemuka agama Islam di Komplek Peribadatan Puja Mandala terhadap ayat-ayat yang berbicara tentang toleransi beragama. Kajian ini menjadi menarik mengingat Pulau Bali merupakan daerah atau provinsi yang memiliki penduduk dengan mayoritas beragama Hindu. Sementara persentase pemeluk agama selain Hindu memiliki jumlah yang sangat kecil. Namun hal tersebut tidak menghalangi tingginya tingkat toleransi antar umat beragama di Pulau Bali, khususnya di Komplek Puja Mandala. Fokus kajian dari skripsi ini di batasi ke dalam beberapa poin penting, yaitu pertama, apa saja perilaku dari Umat Islam di Komplek Puja Mandala yang mencerminkan toleransi beragama? Apakah perilaku-perilaku tersebut merupakan bias dari pemahaman pemuka agama Islam di tempat tersebut? Jika benar, darimana pemuka Agama terbut memperoleh pemahaman tersebut? Dan kedua, bagaimana resepsi atau penafsiran pemuka Agama Islam Komplek Puja Mandala terhadap ayat-ayat toleransi beragama tersebut? Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kategorisasi yang ditawarkan oleh Abdullah Saeed. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah pertama, melakukan observasi dengan terlibat secara langsung dalam beberapa kegiatan yang melibatkan pemuka agama Islam dan umat Islam di Komplek Puja Mandala dalam kontek keagamaan, seperti pengajian rutin dan lain-lain. Kedua, wawancara dengan beberapa sumber, baik sumber utama maupun sumber pendukung. Dan ketiga, melakukan dokumentasi untuk melengkapi data yang diperlukan. Penelitian penulis mengerucut kepada beberapa kesimpulan, pertama, terdapat banyak contoh perilaku maupun fenomena yang menunjukkan toleransi beragama di lingkungan Komplek Puja Mandala, dan perilaku-perilaku tersebut bermula dari berbagai pembelajaran agama yang disampaikan oleh pemukapemuka agama Islam di Komplek Puja Mandala, khususnya di Masjid Agung Ibnu Batutah sebagai satu-satunya pusat kegiatan keagamaan umat Islam di Komplek Puja Mandala. Hal ini diketahui karena sejak kegiatan keagamaan digalakkan di Masjid ini, tingkat toleransi yang ada di komplek ini menanjak secara dinamis. Kedua, dalam pemahaman pemuka Agama Islam Komplek Puja Mandala, konsep atau ayat-ayat toleransi beragama bukan hanya sekedar konsep teoritis semata, namun juga karena hal tersebut merupakan salah satu wujud ibadah kita kepada Allah swt. Dan dalam kenyataannya, sikap toleransi yang ada di lingkup jama’ah tersebut terbagi menjadi beberapa tingkat, yaitu toleransi yang ekstrim, sedang, dan normal. Ketiga, jika ditilik dari teori kategorisasi milik Abdullah Said, maka dapat disimpulkan bahwa toleransi beragama yang ada dalam kehidupan Umat Islam Komplek Puja Mandala terbagi ke dalam tiga jenis. Keseluruhan jenis tersebut sejatinya mengarah kepada pembahasan Islam Inklusif, Islam Ekslusif, dan Islam Pluralis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. phil. Sahiron, MA.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Sep 2015 03:10
Last Modified: 25 Sep 2015 03:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17246

Actions (login required)

View Item View Item