IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM MATEMATIKA UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI GEOMETRI SISWA KELAS VIII SMPN 3 BULAKAMBA BREBES JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2007/2008

AHMAD SYAIFUDIN - NIM. 01430833, (2009) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM MATEMATIKA UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI GEOMETRI SISWA KELAS VIII SMPN 3 BULAKAMBA BREBES JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM MATEMATIKA UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI GEOMETRI SISWA KELAS VIII SMPN 3 BULAKAMBA BREBES JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2007/2008)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM MATEMATIKA UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI GEOMETRI SISWA KELAS VIII SMPN 3 BULAKAMBA BREBES JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2007/2008)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)

Abstract

ABSTRAK Pada hakikatnya pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan suasana atau memberikan pelayanan agar murid-murid belajar. Dalam menciptakan suasana atau pelayanan, hal yang esensial bagi guru adalah memahami bagaimana murid-muridnya memperoleh pengetahuan dari kegiatan belajarnya. Jika guru dapat memahami proses pemerolehan pengetahuan, maka ia dapat menentukan strategi pembelajaran yang tepat bagi murid-muridnya. Model Pembelajaran penemuan terbimbing merupakan model pembelajaran aktif yang melibatkan siswa untuk menemukan sendiri konsep yang sedang dipelajari dengan bimbingan guru, sehingga konsep yang ditemukan oleh siswa tidak mengalami miskonsepsi yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dan bermuara pada rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi miskonsepsi geometri siswa melalui pelaksanaan pembelajaran penemuan terbimbing di kelas VIII SMPN 3 Bulakamba Brebes tahun ajaran 2007/2008. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitian siswa kelas VIII D Semester II SMPN 3 Bulakamba Brebes tahun ajaran 2007/2008. Jumlah siswa kelas VIII D adalah 34 siswa. Tindakan penelitian terdiri dari 2 siklus, siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah geometri dan pengukuran: kesebangunan dan kekongruenan. Pada penelitian ini, data diperoleh melalui angket , wawancara, lembar observasi dan tes penguasaan konsep. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing dapat mengurangi miskonsepsi geometri siswa tentang kesebangunan dan kekongruenan yang ditunjukkan dengan adanya: 1) peningkatan penguasaan konsep siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22,29%, 2) penurunan tingkat kesalahan siswa dalam mengerjakan soal yang berhubungan konsep kesebangunan dan kekongruenan sebesar 2,18%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : Drs. Sugiyono, M.Pd., Pembimbing II : Fitriana Yuli Saptaningtyas, S.Pd.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Miskonsepsi, Geometri
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Jul 2012 09:49
Last Modified: 14 Dec 2016 04:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item