PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN METODE MENGHAFAL (MAHFUDHOT) DI MTs AN-NAWAWI BERJAN PURWOREJO

IKOWIYAH, NIM. 02421426 (2007) PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN METODE MENGHAFAL (MAHFUDHOT) DI MTs AN-NAWAWI BERJAN PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN METODE MENGHAFAL (MAHFUDHOT) DI MTs AN-NAWAWI BERJAN PURWOREJO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN METODE MENGHAFAL (MAHFUDHOT) DI MTs AN-NAWAWI BERJAN PURWOREJO)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar bahasa, ada beberapa hal penting yang harus menjadi catatan bagi kita sebelum melangkah jauh masuk ke dalam proses mengajar bahasa, yaitu Pendekatan, Metode, dan Teknik. Pendekatan adalah asumsi berkenaan dengan hakekat belajar mengajar bahasa, metode adalah rencana menyeluruh penyajian bahasa secara sistematis, sedangkan teknik adalah kegiatan spesifik yang diimplementasikan secara organik dalam prak1ek yang selaras dengan pendekatan dan metode yang digunakan. Dalam istilah bahasa Arab, metode dinamakan dengan thoriqoh atau jalan yang berarti rencana menyeluruh yang berkenaan dengan penyajian materi secara teratur, dan tidak ada satu bagian pun di dalamnya yang saling bertentangan satu dengan yang lain. Dalam konteks abstraksi ini, penulis akan mencoba menjelaskan lebih spesifik tentang metode menghafal dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Kosakata sangat urgen dalam memulai sebuah proses belajar mengajar bahasa dengan menggunakan metode menghafal. Rancangan yang digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan metode menghafal harus sistematis, yaitu memberikan materi hafalan dengan memisahkan kata derni kata dari kala yang mudah dulu dilanjutkan dengan kata yang sukar. Oleh 1-.arena itu, dalam skripsi ini penulis ingin meneliti bagairnana pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan metode menghafal di MTs An-Nawawi Berjan Punvorejo dan meneliti efektifitas metode menghafal dalarn pembelajaran kosakata bahasa Arab dan membahas fal1or penghambat dan pendukung dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan metode menghafal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang mengambil tempat di MTs An-Na\>\awi Berjan Purworejo, dan untuk mencari nilai rata-rata siswa MTs An-Nawawi Berjan Purworejo dengan rumus mean. Untuk data yang bersifat kualitatif, penulis menyajikan dengan empat tahapan yaitu pengurnpulan data, reduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Sehingga penulis bisa mengolah dan menganalisis data-data yang diperoleh untuk menemukan satu formula atau konsep yang efeliif mengenai metode pengajaran bahasa Arab. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini yaitu bahwa secara garis besar pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan metode menghafal di MTs AnNawawi Berjan purworejo sudah berjalan cukup baik dengan keberhasilan nilai rata-rata yang dicapai siswa dalam tes penguasaan kosakata bahasa Arab sebesar 63,17.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: kosakata, mahfudhot, hafalan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Nov 2015 08:15
Last Modified: 03 Nov 2015 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17265

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum