PENAFSIRAN TERHADAP AYAT-AYAT LARANGAN MEMILIH PEMIMPIN NON-MUSLIM DALAM AL-QUR’AN (STUDI KOMPARASI ANTARA M. QURAISH SHIHAB DAN SAYYID QUTHB)

WAHYU NALDI, NIM. 11530124 (2015) PENAFSIRAN TERHADAP AYAT-AYAT LARANGAN MEMILIH PEMIMPIN NON-MUSLIM DALAM AL-QUR’AN (STUDI KOMPARASI ANTARA M. QURAISH SHIHAB DAN SAYYID QUTHB). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN TERHADAP AYAT-AYAT LARANGAN MEMILIH PEMIMPIN NON-MUSLIM DALAM AL-QUR’AN (STUDI KOMPARASI ANTARA M. QURAISH SHIHAB DAN SAYYID QUTHB))
11530124_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENAFSIRAN TERHADAP AYAT-AYAT LARANGAN MEMILIH PEMIMPIN NON-MUSLIM DALAM AL-QUR’AN (STUDI KOMPARASI ANTARA M. QURAISH SHIHAB DAN SAYYID QUTHB))
11530124_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan membandingkan penafsiran dua mufassir, yakni Quraish Shihab dan Sayyid Quthb, terhadap ayat-ayat larangan memilih pemimpin Non-Muslim. Pemilihan tema ini didorong oleh fenomena di masyarakat yang menjadikan ayat-ayat tersebut sebagai dalil larangan memilih pemimpin Non- Muslim. Sementara itu penafsiran dua tokoh dipilih untuk mengetahui bagaimana pemahaman kedua mufassir tersebut serta membuktikan seberapa besar lingkungan kehidupan seorang mufassir mempengaruhi arah dan kecenderungan penafsirannya. Persoalan-persoalan yang akan ditelusuri jawabannya dalam penelitian ini adalah, pertama, bagaimana penafsiran Quraish Shihab dan Sayyid Quthb terhadap ayat-ayat larangan memilih pemimpin Non-Muslim dan apa saja persamaan serta perbedaan dari ke duanya. Kedua, faktor apa saja yang mempengaruhi adanya persamaan dan perbedaan tersebut. ketiga, bagaimana relevansi penafsiran keduanya dalam konteks Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif analisis yang memaparkan berbagai hal tentang ayat-ayat larangan memilih pemimpin Non-Muslim dari kedua mufassir kemudian penafsiran keduanya dikaji lebih dalam lagi pada penelitian ini. data-data yang dikumpulkan tersebut di analisis untuk mengetahui kesamaan dan perbedaan penafsiran keduanya. Kemudian relevansi penafsiran keduanya terhadap konteks Indonesia dewasa ini. Kerangka teori yang digunakan sebagai pisau analisis adalah teori keterpengaruhan sejarah yang digagas oleh Hans George Gadamer dengan beberapa konsep jabarannya seperti prapemahaman, peleburan horizon dan meaningfully sense yang dianggap cocok dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: di antara kedua mufassir dalam memahami ayat-ayat tersebut lebih banyak perbedaan dari pada persamaan dari hasil penafsirannya. Dari segi penyajian Sayyid lebih ke pada bernuansa pergerakan yang dibungkus dengan bahasa sastra dan cenderung tegas bahkan keras. Dalam memahami ayat-ayat tersebut Sayyid cendrung tekstualis. Dibandingkan dengan Quraish Shihab lebih terbuka penuh toleran dan memahami ayat-ayat tersebut dengan holistik dan kontekstualis. Adapun perbedaan antara keduanya lebih disebabkan oleh situasi dan kondisi, latar belakang sosial, pendidikan, politik, bahkan keterpengaruahan psikologis yang berbeda. Sehingga hasil penafsiran dari keduanya sangat bertolak belakang sekali. Sayyid dengan tegas melarang orang Islam memilih pemimpin dari Non-Muslim sedangkan Quraish memberikan peluang bagi Non-Muslim menjadi pemimpin bagi orang Islam dengan persyaratanpersyaratan tertentu. Sehingga penafsiran Quraish lebih cocok dan relevan diterapkan di Indonesia sebagai negara prlural yang berasaskan Pancasila dan UUD 1945.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Suryadi M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: ayat-ayat larangan memilih pemimpin Non-Muslim, Quraish Shihab, kesamaan, perbedaan, faktor-faktor yang mempengaruhi dan relevansi.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Sep 2015 08:29
Last Modified: 28 Sep 2015 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17276

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum