PELAKSANAAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (SEBUAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

AHMAD ZAKI - NIM. 00430384, (2009) PELAKSANAAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (SEBUAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (SEBUAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS))
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (SEBUAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep metode sorogan dalam pembelajaran matematika serta sebagai upaya untuk meningkatkan semangat dan pemahaman siswa kelas XII MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MA Nurul Ummah semester II Tahun pelajaran 2007/2008 dengan jumlah 21 anak. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan hasil belajar siswa, monitoring evaluasi terhadap guru, angket siswa, wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan, dan lainnya. Penelitian ini menggunakan dua indikator yaitu proses dan hasil. Proses diambil dari indikator yang meliputi interaksi dan aktivitas dalam pembelajaran. Sedangkan hasil belajar ditinjau dari nilai ulangan harian. Pembelajaran matematika dengan metode sorogan ini merupakan modifikasi dari metode pemberian tugas yang mempunyai komponen pemberian, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban tugas seperti metode sorogan kitab di pesantren yang model pertanggungjawaban tugasnya dilakukan secara privat di depan guru. Metode sorogan dapat membantu siswa yang mempunyai kompetensi di bawah standar agar mendapat tingkat pemahaman yang lebih baik dengan melakukan pengulangan materi (remedi). Sebaliknya, siswa yang mempunyai standar kompetensi lebih tinggi akan melaju lebih cepat dari siswa dengan tingkat kompetensi di bawahnya. Pada pelaksanaan metode sorogan matematika, siswa dituntut untuk mempersiapkan diri secara matang dalam penguasaan soal yang akan dibahas agar tampil dengan baik di depan guru dan siswa lain. Sehingga mampu memberikan rangsangan belajar yang baik dan mengurangi keraguan ketika mengerjakan soal matematika. Siswa menjadi tidak takut ketika melihat soal matematika karena ia sudah terbiasa mengerjakan soal. Hasil penelitian menunjukkan semangat dan penguasaan siswa kelas XII MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta terhadap pelajaran matematika mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya persentase aktivitas belajar siswa sebesar 11,45% yakni dari 72,40% pada siklus pertama menjadi 83,85% pada siklus kedua. Peningkatan hasil belajar siswa melalui lembar observasi sebesar 8,33% yakni 79,17% pada siklus pertama dan 87,50% pada siklus kedua. Hasil belajar siswa melalui tes juga meningkat yakni nilai rata-rata kelas siswa 6,9 pada siklus pertama dan nilai rata-rata kelas siswa 7,8 pada siklus kedua. Nilai rata-rata kelas ini diambil dari nilai ulangan harian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : Drs. H. Sedya Santosa,SS., M.Pd. Pembimbing II : Dra. Endang Sulistyawati
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, metode sorogan matematika
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Jul 2012 10:20
Last Modified: 14 Dec 2016 04:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item