PEMIKIRAN NASR HAMID ABU ZAID TENTANG POLIGAMI DAN RELEVANSINYA DENGAN UNDANG-UNDANG NO.1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN

SITI LAILATUL KHOIRIYAH, NIM. 11350060 (2015) PEMIKIRAN NASR HAMID ABU ZAID TENTANG POLIGAMI DAN RELEVANSINYA DENGAN UNDANG-UNDANG NO.1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN NASR HAMID ABU ZAID TENTANG POLIGAMI DAN RELEVANSINYA DENGAN UNDANG-UNDANG NO.1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN NASR HAMID ABU ZAID TENTANG POLIGAMI DAN RELEVANSINYA DENGAN UNDANG-UNDANG NO.1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

UU No. 1 tahun 1974 tentang Perkawinan menjelaskan asas dari suatu perkawinan itu sendiri adalah monogami, yang mana seorang suami hanya menikah dengan seorang istri, tetapi dalam prakteknya tidak hanya perkawinan monogami saja melainkan adanya perkawinan poligami. Poligami adalah suatu perkawinan yang mana seorang suami menikah dengan lebih dari satu istri dalam satu waktu. Pada perkembangannya banyak ulama yang mengkritisi tentang persoalan poligami ini, anggapan mereka bahwa seorang perempuan menjadi suatu objek pada masalah poligami ini, salah satu cendekiawan kontemporer Nasr Hamid Abu Zaid mencontohkanya dengan salah satu ketetapan hukum yang ada di Tunisia yaitu UU Perkawinan Tunisia. UU tersebut melarang adanya poligami secara mutlak, dan adanya suatu hukuman jika ada yang berpoligami. Melihat permasalahan ini, penyusun tertarik untuk mengetahui bagaiman pemikiran Nasr Hamid Abu Zaid tentang poligami dan relevansinya terhadap UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Penelitian ini merupakan penelitian library research atau penelitian pustaka dengan data primernya yaitu Dawȃir Al-khauf : Qirȃ’ah fi Khitȃb Almar’ah dan UU No. 1 tahun 1974 tentang Perkawinan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif-analitik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif-yuridis, dalam penelitian ini penyusun menggunakan analisis mashlahah dengan mencoba menjelaskan secara komprehensif mengenai pemikiran Nasr Hamid Abu Zaid tentang poligami dan relevansinya dengan UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Pemikiran Nasr Hamid Abu Zaid tentang poligami adalah bahwa dalam konteks poligami, keadilan adalah mabda’ (prinsip), sedangkan bolehnya memiliki sampai empat istri adalah hukm (hukum). Namun hukm tidak bisa dijadikan dasar jika bertentangan dengan prinsip dasar ditegakkanya hukum tersebut. Dengan alasan hukm bersifat relatif dan spesifik yakni menyesuaikan dengan tuntutan zaman dan tergantung kepada perubahan kondisi yang melingkupinya. Sedangkan mabda’ adalah suatu prinsip yang tidak dapat diubahubah atau bersifat mutlak. Ketika suatu mabda’ dan hukm berada pada satu tingkatan yang sama, maka hukm lah yang harus dikalahkan untuk mempertahankan mabda’ (prinsip). Tetapi untuk menuju suatu poligami yang dilarang adalah suatu pesan teks yang tak tersampaikan. Pemikiran Nasr Hamid Abu Zaid tentang poligami yang menyatakan poligami harus dilarang secara mutlak adalah tidak relevan dengan UUP. UUP menggunakan asas monogami terbuka sedangkan Nasr Hamid Abu Zaid melarang secara mutlak. Asas monogami terbuka merupakan perkawinan yang hanya dibolehkan antara seorang laki-laki menikah dengan seorang perempuan dalam satu waktu, namun tidak menutup kemungkinan bahwa seorang suami memiliki lebih dari satu isteri, sebagaimana diatur dalam pasal 3 UU No. 1 tahun 1974 tentang Perkawinan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. A. MALIK MADANY, M.A.
Uncontrolled Keywords: POLIGAMI
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:37
Last Modified: 13 Oct 2015 07:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17295

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum