ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PANDANGAN KELUARGA WASONONO GABRIEL DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA BEDA AGAMA (STUDI KASUS DI TIMOHO, KEL. MUJA MUJU, KEC. UMBULHARJO, YOGYAKARTA)

FATCHIYAH AYU NOVIKA, NIM: 11350070 (2015) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PANDANGAN KELUARGA WASONONO GABRIEL DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA BEDA AGAMA (STUDI KASUS DI TIMOHO, KEL. MUJA MUJU, KEC. UMBULHARJO, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PANDANGAN KELUARGA WASONONO GABRIEL DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA BEDA AGAMA (STUDI KASUS DI TIMOHO, KEL. MUJA MUJU, KEC. UMBULHARJO, YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PANDANGAN KELUARGA WASONONO GABRIEL DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA BEDA AGAMA (STUDI KASUS DI TIMOHO, KEL. MUJA MUJU, KEC. UMBULHARJO, YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia selalu membutuhkan orang lain bahkan makhluk lain dalam kehidupannya. Hal tersebut berarti manusia selalu ingin berkumpul bersama manusia yang lain. Untuk mewujudkan kebersamaan tersebut, maka dibutuhkan sebuah ikatan antar manusia itu sendiri. Dimulai dari ikatan perkawinan yang akan berkembang menjadi keluarga, kemudian kerabat, dan seterusnya.Begitu pula dengan masyarakat di Indonesia yang melaksanakan perkawinan untuk memenuhi kebutuhannya sebagai makhluk sosial. Negara Indonesia sangatlah luas dengan berbagai macam suku, budaya, adat, ras, dan bahkan agama.Keadaan seperti ini yang menjadi sebab terjadinya perkawinan antar suku, antar daerah, bahkan antar agama. Seperti yang penulis dapati di daerah Timoho tepatnya di Kelurahan Muja Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta.Terdapat keluarga dari pasangan beda agama hidup rukun bahkan dapat disebut sebagai keluarga harmonis. Hal yang membuat lebih menarik lagi, mereka menjadi keluarga beda agama yang harmonis di tengah kehidupan masyarakat yang mayoritas Islam. Oleh karena itu penulis mencoba meneliti bagaimana praktik pembentukan keluarga beda agama menurut pandangan keluarga Wasonono Gabriel sebagai keluarga beda agama yang penulis dapati di Timoho, Kel. Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Yogyakarta. Penulis melakukan penelitian lapangan dengan penelitian yang bersifat preskriptif-analitis dan dengan metode analisis yang menggunakan pendekatannormativeMelalui penelitian ini penulis berharap dapat mengetahui cara atau pola hidup keluarga beda agama tersebut dan analisis hukum Islam terhadapnya termasuk dari sisi sosiologisnya. Mereka menjalani kehidupan dengan baik melalui kesepakatan-kesepakatan antara suami dan isteri sejak dari awal perkawinan.Mereka menerapkan sikap toleransi antar anggota keluarga yang berbeda agama. Dari hal tersebut maka penulis mencoba menganalisis dan menggali bahwa keluarga beda agama yang dibangun antara katolik dan muslim tersebut memang harmonis secara duniawi, dikarenakan anggota keluarga yang beragama Islam merupakan seorang pemeluk agama yang awam akan agamanya sendiri. Sehingga keluarga beda agama tersebut tidak dapat menjalankan perannya sebagai pencetak generasi penerus bagi agamanya secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. SAMSUL HADI. M.Ag
Uncontrolled Keywords: PEMBENTUKAN KELUARGA BEDA AGAMA
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Oct 2015 08:25
Last Modified: 02 Oct 2015 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17299

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum