TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP RELASI SUAMI ISTRI PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA (TKW) (STUDI KASUS DI DESA GUBUGSARI KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL) TAHUN 2014

JOKO IRMAWAN, NIM 11350091 (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP RELASI SUAMI ISTRI PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA (TKW) (STUDI KASUS DI DESA GUBUGSARI KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL) TAHUN 2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP RELASI SUAMI ISTRI PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA (TKW) (STUDI KASUS DI DESA GUBUGSARI KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL) TAHUN 2014)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP RELASI SUAMI ISTRI PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA (TKW) (STUDI KASUS DI DESA GUBUGSARI KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL) TAHUN 2014)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Membangun sebuah relasi antara suami dan istri dalam keluarga sangatlah penting, semakin baik relasi yang dibangun maka semakin harmonis pula kehidupan rumah tangga mereka.Ketika seorang istri menjadi TKW di luar negeri, tentunya antara suami dan istri akan terpisah oleh jarak yang begitu jauh,dengan keadaan seperti itu tentu akan berpengaruh terhadap kehidupan rumah tangganya, apakah nanti suaminya bisa menggantikan posisi dan peran dia sebagai seorang istri didalam keluarganya, baik dalam peran dan tanggung jawab istri terhadap anak dan pekerjaan domestik lainnya, seperti mengasuh dan memperhatikan pendidikan anak, memasak, menyuci, membersihkan rumah, kurang efektifnya komunikasi yang dibangun,terjadinya perselingkuhan yang dilakukan oleh suami maupun istri dan rentan terjadinya perceraian akibat konflik yang ditimbulkan karena dampak istri menjadi TKW. Adapun yang menjadi pokok masalah dalam skripsi ini adalahuntuk mengetahui bagaimana pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri, bagaimana pola komunikasi yang dibangun serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap relasi suami istri pada keluarga TKW di luar negeri yang ada di Desa Gubugsari Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Penelitian ini penyusun lakukan karena adanya keinginan untuk mendeskripsikan pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri, pola komunikasi yang dibangun dan untuk mengetahui analisis hukum Islamterhadap relasi yang dibangun suami istri pada keluarga TKW di luar negeri di Desa Gubugsari. Responden dalam penelitian ini adalah mantan TKW di luar negeri yang ada di Desa Gubugsari, dengan pengambilan responden secara random. Untuk pengumpulan data penyusun menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitianyang penyusun gunakan dalampenelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), kemudian penelitian ini bersifatdeskriptif-analitik. Untuk populasi dan sampel yang digunakan adalah purposivesampling. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif. Untuk metode analisis data yang penyusun gunakan adalah analisis data kualitatifdengan menggunakan pola kerangka berfikir induktif Setelah dilakukan penelitian, penyusun menyimpulkan hasil analisis tinjauan hukum Islam terhadap relasi suami istri pada keluarga TKW di luar negeri yang ada di Desa Gubugsari dengan menggunakan Al-Quran, hadist dan kaidah fikih belum sesuai dengan hukum Islam, dimana antara suami istri tidak bisa menjalankan prinsip-prinsip dalam perkawinan. Sementara untuk pemenuhan hak dan kewajiban suami istri juga tidak dapat melaksanakannya dengan baik, hal tersebutdikarenakan faktor jarak yang jauh, seperti tidak terpenuhinya kebutuhan biologis, kewajiban istri untuk mengasuh dan mendidik anak, kewajiban suami untuk memberikan rasa aman kepada istri. Sedangkan pola komunikasi yang dibangun menggunakan handphone dan juga facebook.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. SAMSUL HADI, M.Ag
Uncontrolled Keywords: HUKUM ISLAM, RELASI SUAMI ISTRI, KELUARGA, TENAGA KERJA WANITA (TKW)
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Sep 2015 09:36
Last Modified: 29 Sep 2015 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum