PENYELESAIAN WANPRESTASI KETERLAMBATAN PENYERAHAN BARANG DI CV SABUT MANDIRI, YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

YUDI HARI UTOMO, NIM. 08380071 (2015) PENYELESAIAN WANPRESTASI KETERLAMBATAN PENYERAHAN BARANG DI CV SABUT MANDIRI, YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYELESAIAN WANPRESTASI KETERLAMBATAN PENYERAHAN BARANG DI CV SABUT MANDIRI, YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENYELESAIAN WANPRESTASI KETERLAMBATAN PENYERAHAN BARANG DI CV SABUT MANDIRI, YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (893kB)

Abstract

Jual beli pesanan merupakan suatu sistem dimana seorang penjual menerima order (pesanan) atas suatu produk dengan pemesanan barang terlebih dahulu dan mendapatkan barang tersebut dalam waktu tertentu. Sistem ini digunakan untuk barang-barang yang belum diluncurkan dan belum ready stock. Bai’ al-istis}na>’ merupakan akad pesanan barang yang disebutkan sifat-sifatnya, yang dalam majelis itu barang pesanan tersebut menjadi tanggungan penerima pesanan, dan pemesan barang dapat melakukan pembayaran dalam beberapa termin. Berdasarkan pengertian tersebut, secara singkat bai’ al-istis}na>’ dapat diartikan sebagai jual beli barang secara pesanan. Salah satu produsen yang umumnya melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan akad jenis ini adalah produsen minyak goreng kelapa murni di CV Sabut Mandiri, Yogyakarta. Dalam transaksi jual beli, tidak menutup kemungkinan adanya salah satu pihak yang melakukan pelanggaran atau tindakan wanprestasi (tidak melaksanakan kewajiban). Pada penelitian kasus ini, tindakan wanprestasi dilakukan oleh CV Sabut Mandiri selaku pihak produsen karena terlambat melakukan penyerahan barang pesanan. Akibatnya, beberapa konsumen melayangkan komplain kepada pihak produsen agar mengembalikan uang transaksi jual beli atau membatalkan akad. Penelitian ini menggunakan data-data hasil wawancara produsen dan konsumen di CV Sabut Mandiri, Yogyakarta. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif, yaitu penyusun melakukan penelitian dan menguraiakan data yang ada dengan menggambarkan hasil penelitian secara lengkap dalam suatu bahasa, sehingga timbul suatu pemahaman antara kenyataan di lapangan dengan bahasa yang digunakan. Setelah dilaksanakan penelitian, penyusun menemukan bahwa penyelesaian wanprestasi keterlambatan penyerahan barang dalam jual beli minyak goreng kelapa murni (DAFINA) di CV Sabut Mandiri, Yogyakarta dilakukan dengan cara sederhana. Cara tersebut yaitu melakukan musyawarah, kesepakatan sebagai alternatif terakhir dan dibuat keputusan sehingga tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan dan merasa dizalimi. Hasilnya, berdasarkan analisis hukum Islam, penyelesaian wanprestasi keterlambatan penyerahan barang pesanan minyak goreng kelapa murni di CV Sabut Mandiri, Yogyakarta sesuai menurut hukum Islam. Kata Kunci : akad pesanan barang, al-istis}na>’ , jual beli, wanprestasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: GUSNAM HARIS, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: akad pesanan barang, al-istis}na>’ , jual beli, wanprestasi
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Sep 2015 02:26
Last Modified: 30 Sep 2015 02:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17310

Actions (login required)

View Item View Item