PERJANJIAN JUAL BELI KREDIT SEPEDA MOTOR TANPA DIKUATKAN AKTA NOTARIS DI PT. KRESNA KEC. TEGAL BARAT KAB. TEGAL (STUDI PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM ISLAM)

TAUFIK FATHONI, NIM. 08380078 (2015) PERJANJIAN JUAL BELI KREDIT SEPEDA MOTOR TANPA DIKUATKAN AKTA NOTARIS DI PT. KRESNA KEC. TEGAL BARAT KAB. TEGAL (STUDI PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERJANJIAN JUAL BELI KREDIT SEPEDA MOTOR TANPA DIKUATKAN AKTA NOTARIS DI PT. KRESNA KEC. TEGAL BARAT KAB. TEGAL (STUDI PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM ISLAM))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERJANJIAN JUAL BELI KREDIT SEPEDA MOTOR TANPA DIKUATKAN AKTA NOTARIS DI PT. KRESNA KEC. TEGAL BARAT KAB. TEGAL (STUDI PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM ISLAM))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Memasuki zaman modern, kendaraan bermotor sebagai salah satu sarana transportasi yang sangat penting dalam mendukung hampir seluruh aktivitas atau kegiatan seseorang dalam sehari-hari. Keterbatasan ekonomi menjadi salah satu kendala seseorang untuk memiliki kendaraan bermotor tersebut karena tingginya harga kendaraan yang harus dibayar seseorang. Hal seperti ini dapat ditanggulangi dengan adanya kontrak perjanjian kredit motor yang dilakukan oleh perusahaan pembiayaan dengan sistem pembayaran angsuran atau berkala. Berhubungan dengan keadaan tersebut penyusun akan membahas dari sudut pandang sosiologi hukum Islam terhadap praktik perjanjian jual beli kredit yang dilakukan oleh perusahaan pembiayaan dengan tidak menggunakan akta notaris di Kabupaten Tegal. Penelitian ini bersifat perspektif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan suatu obyek berdasarkan sosiologi hukum Islam terhadap praktik jual beli kredit sepeda motor tanpa di kuatkan akta notaris di PT. Kresna cabang Tegal. Pendekatan masalah yang digunakan penyusun adalah pendekatan sosiologi hukum Islam. Pendekatan sosiologi hukum Islam ini merupakan pendekatan yang meneliti bagaimana agama mempengaruhi pola perilaku kehidupan masyarakat dan begitu juga sebaliknya, bagaimana pola perilaku masyarakat mempengaruhi munculnya suatu hukum Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu data yang diperoleh dengan dengan hasil pengamatan langsung di lapangan. Selain melakukan pengamatan (observasi). Penyusun juga melakukan interview kepada pihak perusahaan. Selain itu penulis juga melakukan penelitian melalui selebaran angket kepada masyarakat. Dalam penelitian ini, penyusun menggunakan analisis induktif, yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data atas fakta-fakta yang bersifat khusus, lalu dari fakta-fakta tersebut ditarik kesimpulan umum apakah fenomena yang terjadi sesuai atau tidak dengan aturan-aturan yang telah ada. Berdasarkan pengamatan penyusun perusahan tersebut tidak sesuai dengan aturan-aturan yang ada, karena yang seharusnya menggunakan akta notaris tapi perusahaan tersebut tidak menggunakan akta notaris pada saat perjanjian (tidak mendaftarkan jaminan fidusia). Namun dikarenakan sebagian besar pendidikan masyarakat yang masih kurang memadai, maka mereka cenderung tidak mempermasalahkan hal tersebut, tapi ada juga sebagian yang menolaknya. Oleh karena itu ketika kedua belah pihak telah menyetujui bahwa perjanjian dijalankan tanpa menggunakan akta notaris, secara sosiologi hukum Islam, berdasarkan adat kebiasaan maka semua itu dianggap sah meskipun secara hukum positif membutuhkan akta notaris. Hal ini yang menjadik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. HAMIM ILYAS, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: PERJANJIAN JUAL BELI
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Sep 2015 04:22
Last Modified: 30 Sep 2015 04:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17311

Actions (login required)

View Item View Item