TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERBEDAAN HARGA DALAM JUAL BELI DENGAN JUMLAH BARANG BANYAK ATAU SEDIKIT DI PASAR DESA CATURTUNGGAL YOGYAKARTA

KHARIR ROTUL MUKAROMAH, NIM : 10380027 (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERBEDAAN HARGA DALAM JUAL BELI DENGAN JUMLAH BARANG BANYAK ATAU SEDIKIT DI PASAR DESA CATURTUNGGAL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERBEDAAN HARGA DALAM JUAL BELI DENGAN JUMLAH BARANG BANYAK ATAU SEDIKIT DI PASAR DESA CATURTUNGGAL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERBEDAAN HARGA DALAM JUAL BELI DENGAN JUMLAH BARANG BANYAK ATAU SEDIKIT DI PASAR DESA CATURTUNGGAL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Perbedaan harga dalam jual-beli yang penyusun maksud di sini adalah jual-beli di mana penjual memberikan harga berbeda jika ada pembeli yang membeli barang dalam jumlah banyak atau sedikit terhadap barang yang sejenis. Barang yang dimaksud yaitu barang dagangan, seperti kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Untuk menetapkan harga suatu barang harus disepakati kedua belah pihak dan berlaku secara umum. Kenyataannya masih ada jual-beli yang mengandung unsur ketidakadilan. Misalnya, seorang penjual memberikan harga 1 kg cabe sebesar Rp 32.000,00 tetapi jika membeli 1 ons, penjual tersebut memberikan harga Rp 3.500, bukan Rp 3.200,00, sehingga ada selisih harga yaitu Rp 300,00 setiap ons nya, dan menyebabkan ada perbedaan dalam menetapkan harga. Dari uraian di atas penyusun tertarik untuk meneliti hal tersebut dengan lokasi penelitian di Pasar Desa Caturtunggal Yogyakarta. Adapun pokok masalahnya yaitu: 1. Bagaimana praktek perbedaan harga dalam jual beli dengan jumlah barang banyak atau sedikit di Pasar Desa Caturtunggal Yogyakarta? 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap perbedaan harga dalam jual beli dengan jumlah barang banyak atau sedikit di Pasar Desa Caturtunggal Yogyakarta? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif analitik, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan obyek penelitian yang akan diteliti, mengenai perbedaan harga dalam jual beli dengan jumlah barang banyak atau sedikit di Pasar Desa Caturtunggal Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif, yaitu cara menyelesaikan masalah dengan melihat apakah persoalan itu sudah sesuai dengan ketentuan hukum Islam atau belum. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa praktek perbedaan harga dalam jual beli dengan jumlah barang banyak atau sedikit di Pasar Desa Caturtunggal Yogyakarta sudah lama diterapkan oleh pedagang dan sering dialami oleh para pembeli khususnya pembelian barang dalam jumlah banyak atau sedikit. Tujuan menerapkan perbedaan harga tersebut adalah untuk menarik pembeli dengan cara memberikan harga yang lebih murah jika membeli barang dalam jumlah banyak. Selain itu, alasan penjual memberikan harga yang lebih mahal dalam pembelian barang dengan jumlah sedikit adalah untuk mengantisipasi adanya berat barang cepat berkurang. Dengan demikian, menurut hukum Islam perbedaan harga dalam jual beli dengan jumlah barang banyak atau sedikit di Pasar Desa Caturtunggal Yogyakarta sudah sesuai, karena tidak ada unsur keterpaksaan baik kepada pihak penjual maupun pihak pembeli, ada unsur kerelaan, suka sama suka, barang yang dijual jelas dan bermanfaat untuk pembeli dan syarat rukunnya terpenuhi, tidak mengandung unsur-unsur yang dilarang hukum Islam, sehingga jual beli tersebut sah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: GUSNAM HARIS, S.Ag, M. Ag
Uncontrolled Keywords: JUAL BELI
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Sep 2015 02:31
Last Modified: 30 Sep 2015 02:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17315

Actions (login required)

View Item View Item