TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD-AKAD PADA BISNIS PEMANCINGAN DI PEMANCINGAN PAK BG NGAWEN SIDOKARTO GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

RINI SETIASIH, NIM. 11380021 (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD-AKAD PADA BISNIS PEMANCINGAN DI PEMANCINGAN PAK BG NGAWEN SIDOKARTO GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD-AKAD PADA BISNIS PEMANCINGAN DI PEMANCINGAN PAK BG NGAWEN SIDOKARTO GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD-AKAD PADA BISNIS PEMANCINGAN DI PEMANCINGAN PAK BG NGAWEN SIDOKARTO GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (982kB)

Abstract

Dewasa ini banyak pemancingan bermunculan, salah satunya adalah Pemancingan Pak BG. Dalam pemancingan tersebut sistem yang digunakan adalah mancing harian. Dalam sistem mancing harian, pemancing diberikan waktu memancing selama satu hari, yaitu pukul 07.00-18.00 WIB atau pukul 19.00-06.00 WIB. Dalam masalah akad yang digunakan, pada pemancingan Pak BG belum menentukan akad yang digunakan pada awal transaksi. Antara pemilik pemancingan dan pemancing tidak mengetahui akad yang sebenarnya digunakan. Untuk mengetahui akad yang digunakan dalam pemancingan Pak BG yang beralamat di Ngawen, Sidokarto, Godean, Sleman, Yogyakarta ini, dibutuhkan tinjauan hukum Islam sebagai pemecahannya. Tinjauan hukum Islam ini digunakan sebagai salah satu cara untuk mencari nama akad yang digunakan untuk bertransaksi antara pemilik kolam dan pemancing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui akad apa yang digunakan dalam pemancingan dan bagaimana tinjuan hukum Islam terhadap akad yang dilaksanakan pada pemancingan tersebut. Penelitian ini masuk kategori penelitian lapangan (field research), yakni penelitian lapangan. Sifat penelitian yang dilakukan peyusun adalah deskriptif analitik, yaitu melihat dan membaca permasalahan dengan menggunakan datadata tentang akad yang terjadi pada usaha pemancingan di pemancingan Pak BG yang beralamat di Ngawen Sidokarto Godean Sleman Yogyakarta. Setelah penyusun melakukan penelitian di lapangan dan dikaji menurut hukum Islam, maka dapat disimpulkan bahwa akad yang digunakan dalam pemancingan Pak BG yang beralamat di Ngawen, Sidokarto, Godean, Sleman, Yogyakarta ini adalah masuk kategori akad tidak bernama (al-‘uqud gair almusamma). Al-‘uqud gair al-musamma di Pemancingan Pak BG ini, unsur sewa menyewa lebih dominan dibandingkan dengan unsur jual beli. Oleh karena itu, maka disebut dengan akad sewa menyewa disertai jual beli. Kata kunci: akad, pemancingan, mancing harian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Moh. Tamtowi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: akad, pemancingan, mancing harian
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Oct 2015 06:19
Last Modified: 01 Oct 2015 06:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17316

Actions (login required)

View Item View Item