PEMBERIAN POTONGAN HARGA DENGAN KARTU MEMBER DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI GROSIR BATIK YUDHISTIRA YOGYAKARTA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

DWI OKTAVIANI, NIM 11380004 (2015) PEMBERIAN POTONGAN HARGA DENGAN KARTU MEMBER DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI GROSIR BATIK YUDHISTIRA YOGYAKARTA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERIAN POTONGAN HARGA DENGAN KARTU MEMBER DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI GROSIR BATIK YUDHISTIRA YOGYAKARTA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBERIAN POTONGAN HARGA DENGAN KARTU MEMBER DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI GROSIR BATIK YUDHISTIRA YOGYAKARTA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Jual beli merupakan akad yang umum digunakan oleh masyarakat karena akad tersebut selalu beriringan dalam setiap pemenuhan kebutuhan baik pangan, sandang, maupun papan.Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak ditemukan transaksi bisnis modern dengan sistem pemasaran yang mereka buat sedemian rupa untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kepentingan konsumen. Dalam prakteknya, pelaku usaha melakukan berbagai strategi pemasaran seperti informasi iklan yang terkadang tidak sesuai dengan keadaan barang dan/ jasa yang ditawarkan, tawaran potongan harga dan undian-undian menarik yang mampu menghipnotis para pembeli.Selain itu, masih banyak penyalahgunaan kepercayaan dan tidak adanya transparansi soal harga oleh para pelaku usaha.Fenomena ini yang nantinya menghambat tujuan terciptanya jual beli untuk kemasalahan bersama.Melihat permasalahan ini, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana praktik pemberian potongan harga dengan kartu member dalam transaksi jual beli di Pusat Grosir Batik Yudhistira Yogyakarta ditinjau dari hukum Islam dan Undang-undang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Dengan sifat penelitian deskriptif analitis, yaitu memaparkan objek penelitian secara apa adanya sesuai dengan keberadaan dan informasi data yang ditemukan, sedangkan pendekatannya adalah yuridis normatif. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber primer dalam penelitian ini adalah hasil penelitian langsung dari Pusat Grosir Batik Yudhistira Yogyakarta, wawancara tentang mekanisme pemberian potongan harga dengan kartu member, data sekunder bersumber dari keadaan sosial dari konsumen serta data-data penunjang lainnya. Analisis yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek pemberian potongan harga dengan kartu member di Pusat Grosir Batik Yudhistira Yogyakarta diperbolehkan sesuai dengan prinsip an-tarād{in dalam hukum Islam dan Undang-undang Perlindungan Konsumen. Hal ini dibuktikan oleh beberapa hal, diantaranya rasa nyaman untuk berbelanja dengan tawaran harga murah sesuai dengan kemampuan biaya konsumsi masyarakat, adanya kartu memberyang dijadikan suatu perikatan dengan penjual, harga yang transparan tanpa ada kesamar-samaran sehingga mampu menimbulkan penipuan. Praktek tersebut diselenggarakan bukan hanya semata-mata mencari keuntungan semata, namun juga demi kemaslahatan bersama antara penjual dan pembeli agar transaksi yang dilakukan sah baik secara hukum Islam maupun peraturan perundangan yang mengatur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: DR. RIYANTA, M. HUM
Uncontrolled Keywords: PEMBERIAN POTONGAN HARGA, JUAL BELI
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Oct 2015 06:19
Last Modified: 01 Oct 2015 06:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17319

Actions (login required)

View Item View Item