TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KONTRAK PENGELOLAAN TAMBANG TIMAH TRADISIONAL DI DESA BUKIT LAYANG KECAMATAN BAKAM KABUPATEN BANGKA INDUK

DIAH ANDRIANI, NIM: 11380013 (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KONTRAK PENGELOLAAN TAMBANG TIMAH TRADISIONAL DI DESA BUKIT LAYANG KECAMATAN BAKAM KABUPATEN BANGKA INDUK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KONTRAK PENGELOLAAN TAMBANG TIMAH TRADISIONAL DI DESA BUKIT LAYANG KECAMATAN BAKAM KABUPATEN BANGKA INDUK)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KONTRAK PENGELOLAAN TAMBANG TIMAH TRADISIONAL DI DESA BUKIT LAYANG KECAMATAN BAKAM KABUPATEN BANGKA INDUK)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Wilayah Desa Bukit Layang pada umumnya terdiri dari lahan yang masih kosong dan masih mengandung timah. Akan tetapi kebanyakan masyarakat Desa Bukit Layang memilih bekerja sebagai buruh. Setelah ada kebijakan Pemerintah Daerah dengan turunnya Peraturan Daerah, maka banyak dari masyarakat Desa Bukit Layang beralih profesi dari buruh menjadi penambang timah yang akrab disebut dengan tambang timah tradisional. Praktik akad yang terjadi pada penambangan timah tradisional ini hampir sama dengan praktik akad yang terjadi di daerah lain. Hanya ada sedikit permasalahan yang penulis lihat pada pelaksanaan akad yang terjadi antara investor dengan pemilik tanah, di mana mereka melakukan akad sewa menyewa tanah, tetapi untuk bayaran sewa itu sendiri adalah menunggu hasil dari penambangan timah tersebut. Kemudian penulis juga melihat praktik akad yang terjadi antara investor dengan pekerja yaitu dengan menggunakan akad bagi hasil juga, tetapi belum ada kejelasan upah bagi pekerja. Selanjutnya penulis juga meneliti praktik akad yang terjadi antara pekerja dengan pekerja yaitu dengan cara pembagian rata atas keuntungan di antara para pekerja yang lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian deskriptif-analitik yaitu menggambarkan serta menganalisis data secara jelas kemudian memberi penilaian secara komperhensif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur kepada narasumber dan dokumentasi yang dapat diambil dari buku-buku dan sebagainya. Penyusun menggunakan pendekatan normatif sebagai pendekatan masalahnya yang dapat dikaji dari hukum melalui teks-teks Al-Qur’an, hadis serta kaidah-kaidah fikih. Berdasarkan hasil penelitian, penyusun dapat mengambil kesimpulan bahwa pelaksanaan akad antara investor dengan pemilik tanah sudah sesuai dengan hukum Islam, yaitu menggunakan akad jual beli ( البيع ) dan ijārah ( ,(إجارة tetapi dalam kontrak ini belum memenuhi semua syarat ijārah ( إجارة ) seutuhnya. Kemudian peneliti melihat akad antara investor dengan pekerja ini menggunakan akad muḍārabah ( مضاربت ) dan ijārah ( إجارة ). Namun, kontrak yang mereka lakukan ini belum sesuai dengan hukum Islam, karena belum jelas dalam pembagian upahnya. Maksudnya adalah jika pekerja itu tidak mendapatkan hasil timah, maka pekerja itu juga tidak mendapatkan upah. Akan tetapi, jika pekerja banyak mendapatkan hasil timah, maka pekerja pun akad mendapatkan upah yang banyak pula. Selanjutnya akad antara pekerja dengan pekerja sesuai dengan hukum Islam yaitu menggunakan akad syirkah al-abdān ) شركت الأبدان (, karena sudah ada kejelasan dalam pembagian keuntungannya antara pekerja yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: ABDUL MUGHITS, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: HUKUM ISLAM, TAMBANG TIMAH
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Oct 2015 01:27
Last Modified: 02 Oct 2015 01:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17324

Actions (login required)

View Item View Item