Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Peiilaku Konsumen dalam Memilih Pembalut (Studi Kasus Perilaku Mahasiswi Di Lingkungan Fakultas Syari'ah dan Hukum)

RIA WIJAYATI SUCI, NIM. 11380033 (2015) Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Peiilaku Konsumen dalam Memilih Pembalut (Studi Kasus Perilaku Mahasiswi Di Lingkungan Fakultas Syari'ah dan Hukum). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Peiilaku Konsumen dalam Memilih Pembalut (Studi Kasus Perilaku Mahasiswi Di Lingkungan Fakultas Syari'ah dan Hukum))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Peiilaku Konsumen dalam Memilih Pembalut (Studi Kasus Perilaku Mahasiswi Di Lingkungan Fakultas Syari'ah dan Hukum))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (685kB)

Abstract

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Perilaku konsumen mahasiswi Fakultas Syari‟ah dan Hukum masih harus dikaji melalui kesadaran kesehatan dalam memilih pembalut sebagai pemenuhan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dengan kodrat alamiahnya sebagai wanita. Pemilihan produk pembalut yang tidak tepat mampu memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan, kurangnya pemahaman dan kesadaran mahasiswi mampu menjadikan faktor tersebut. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis persoalan mengenai perilaku konsumen dalam memilih pembalut diatas dalam tinjauan sosiologi hukum Islam. Permasalahan yang diangkat adalah apa alasan mahasiswi dalam memilih pembalut, serta bagaimana perilaku mahasiswi dalam pemilihan pembalut ditinjau dengan sosiologi hukum Islam. Dalam pembahasan skripsi ini, penyusun menggunakan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif analitik yaitu menggambarkan bagaimana perilaku informan mahasiswi sebagai konsumen pembalut dalam memilih produk yang digunakan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologi hukum Islam, yaitu penelitian dengan tujuan untuk mendekati masalah-masalah yang ada dalam perilaku konsumen mahasiswi. Dalam proses pengumpulan data penyusun menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu, studi kepustakaan dan wawancara mendalam (in-depth interview) dengan format semi terstruktur (semi structured). Informan dalam penelitian ini direkrut dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk menganalisis data penyusun menggunakan metode induktif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penyusun, dapat ditarik kesimpulan bahwa perilaku informan mahasiswi sebagai konsumen dalam memilih produk pembalut dipengaruhi oleh tiga faktor yang sangat kompleks yakni, pertama faktor ekonomi dimana informan tidak hanya berasal dari kawasan Yogyakarta melainkan dari kota sekitarnya sehingga alasan ekonomis sudah bukan menjadi rahasia umum, kedua lingkungan sosial budaya, hal ini juga sudah menjadi mata rantai yang sulit untuk diurai dan ketiga media massa, tidak bisa dipungkiri faktor ini juga mempunyai pengaruh yang besar terhadap konsumen. Selanjutnya ketiga faktor tersebut didukung dengan perilaku mahasiswi yang cenderung menggunakan pembalut yang tidak memiliki standart keamaanan sehingga membahayakan kesehatan reproduksi mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Moch Sodik, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: SOSIOLOGI HUKUM ISLAM, KONSUMEN, PEMBALUT
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Oct 2015 00:51
Last Modified: 06 Oct 2015 00:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17330

Actions (login required)

View Item View Item