TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM JUAL BELI KIOS DENGAN SYARAT HUBUNGAN DARAH (STUDI KASUS DI PASAR INDUK BUAH DAN SAYUR “ GEMAH RIPAH” YOGYAKARTA)

YULIAWATI KARTIKA, NIM. 11380041 (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM JUAL BELI KIOS DENGAN SYARAT HUBUNGAN DARAH (STUDI KASUS DI PASAR INDUK BUAH DAN SAYUR “ GEMAH RIPAH” YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM JUAL BELI KIOS DENGAN SYARAT HUBUNGAN DARAH (STUDI KASUS DI PASAR INDUK BUAH DAN SAYUR “ GEMAH RIPAH” YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM JUAL BELI KIOS DENGAN SYARAT HUBUNGAN DARAH (STUDI KASUS DI PASAR INDUK BUAH DAN SAYUR “ GEMAH RIPAH” YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pasar Induk Buah dan Sayur “Gemah Ripah” merupakan salah satu pasar grosir tradisional dengan konsentrasi jual beli buah dan sayur.Di pasar ini terdapat 158 kios yang masing-masing mempunyai akte hak milik.Untuk membeli sebuah kios, ada sebuah persyaratan mutlak yang ditetapkan oleh koperasi pasar yaitu calon pembeli harus mempunyai hubungan darah dengan pedagang di pasar tersebut.Syarat yang diberikan tersebut menyebabkanseseorang yang berniat membeli kios (tidak memiliki hubungan darah dengan anggota koperasi) tidak memiliki kesempatan.Hal ini menyebabkan timbulnya suatu hambatan bagi pedagang baru yang ingin masuk dalam kawasan pasar dan menimbulkan persaingan tidak sehat di dalam pasar karena pasar hanya terdiri dari beberapa keluarga yang menguasai pasar. Penelitian ini bermaksud untuk menganalis persoalan sistem jual beli kios tersebut di atas dari sudut pandang hukum Islam. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana kegiatan jual beli kios yang dipraktikkan di Pasar Induk Buah dan Sayur “Gemah Ripah” ditinjau dari rukun dan syarat jual beliserta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli kios dengan syarat hubungan darah di Pasar Induk Buah dan Sayur “Gemah Ripah”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif analitik yaitu menggambarkan pelaksanaan praktik jual beli kios dengan syarat hubungan darah di Pasar Induk Buah dan Sayur “ Gemah Ripah” serta menelaah norma-norma yang ada dalam hukum Islam. Dalam proses pengumpulan data penyusun menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu studi kepustakaan, observasi, wawancara mendalam (in-depth Interview) dengan format semi terstruktur (semi structured). Responden dalam penelitian ini direkrut dengan menggunakan teknik purposive sampling.Untuk menganalisis data, penyusun menggunakan dua metode yaitu induktif serta deduktif. Dari analisis data yang telah penyusun lakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa ditinjau dari rukun dan syaratnya, jual beli kios di Pasar Induk Buah dan Sayur “Gemah Ripah” telah sesuai dengan ketentuan hukum jual beli ( البيع ).Jual beli kios ini diadakan di atas sebuah syarat, yaitu hubungan darah.Syarat yang diberikan telah menimbulkan penguasaan pasar di tangan beberapa keluarga atau disebut dengan monopoli (itikar).Namun peraturan koperasi mengenai syarat untuk membeli kios tersebut di ambil dengan beberapa pertimbanganyang digunakan untuk melindungi posisi, eksistensi para pedagang yang ikut serta membangun pasar sejak puluhan tahun yang lalu, serta untuk mencegah timbulnya resikoresiko yang dapat muncul karena masuknya pihak baru di pasar tersebut.Dengan demikianjual beli kios ini sah dan telah sesuai dengan hak Syuf’ahdalam Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: MUHRISUN, M.Ag., MSW
Uncontrolled Keywords: JUAL BELI, KIOS, HUBUNGAN DARAH
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Oct 2015 00:56
Last Modified: 06 Oct 2015 00:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17333

Actions (login required)

View Item View Item