PENJUALAN KULIT HEWAN KURBAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DI KELURAHAN PASAR BARU, KECAMATAN CURUP, KABUPATEN REJANG LEBONG, BENGKULU

SITI ANISA, AR, NIM. 11380049 (2015) PENJUALAN KULIT HEWAN KURBAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DI KELURAHAN PASAR BARU, KECAMATAN CURUP, KABUPATEN REJANG LEBONG, BENGKULU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENJUALAN KULIT HEWAN KURBAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DI KELURAHAN PASAR BARU, KECAMATAN CURUP, KABUPATEN REJANG LEBONG, BENGKULU)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENJUALAN KULIT HEWAN KURBAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DI KELURAHAN PASAR BARU, KECAMATAN CURUP, KABUPATEN REJANG LEBONG, BENGKULU)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (763kB)

Abstract

Hari raya kurban merupakan salah satu dari dua hari raya yang telah ditetapkan oleh syari’at tentang pensyariatannya, pada hari raya ini seluruh umat muslim diperintahkan untuk melakukan sholat hari raya, dan juga berkurban. Ibadah-ibadah ini merupakan suatu hal yang lazim dan berulang-ulang dilakukan setiap tahunnya di seluruh wilayah yang masyarakatnya beragama Islam, termasuk juga di Kelurahan Pasar Baru dimana sebagian besar masyarakatnya mayoritas beragama Islam. Dengan melimpahnya hewan kurban tentu jumlah produksi kulit hewan kurban juga melimpah. Kulit-kulit hewan kurban tersebut pada saat pendistribusian hewan kurban kepada masyarakat tidak didistribusikan, akan tetapi yang didistribusikan pada masyarakat hanya berupa daging, tulang, jeroan, kaki dan kepala, sehingga belum diketahui apakah kulit-kulit hewan kurban tersebut dijual untuk dibelikan kembali daging, atau uang hasil penjualannya dimasukkan ke dalam kas masjid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu jawaban dari pertanyaan berikut ini : Bagaimana penentuan prosentase jatah kurban dan kreteria penerima kurban di Kelurahan Pasar Baru, Kabupaten Rejang Lebong dan bagaimana penjualan kulit hewan kurban dalam perspektif hukum Islam di Kelurahan Pasar Baru, Kabupaten Rejang Lebong? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan normatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah para panitia kurban dan juga dengan tokoh agama sebagai petunjuk sejauh mana aplikasi hukum Islam dilaksanakan di masyarakat. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjualan kulit hewan kurban memang dilakukan. Hal ini berdasarkan kesepakatan tokoh agama dan para panitia, karena penjualan kulit hewan kurban lebih bermanfaat dari pada dibagikan kepada masyarakat, karena masyarakat sendiri tidak mau mengolahnya. Penjualan yang dilakukan telah sesuai dengan hukum Islam karena hal ini lebih bermanfaat. Namun demikian, penggunaan uang hasil penjualan kulit hewan kurban masih kurang tepat, karena hasil penjualan kulit hewan kurban tidak dikembalikan untuk kepentingan masyarakat melainkan dipergunakan untuk keperluan-keperluan dalam proses pemotongan hewan kurban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: SAIFUDDIN, S.H.I.,M.SI.
Uncontrolled Keywords: PENJUALAN, KULIT, HEWAN KURBAN
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Sep 2015 02:26
Last Modified: 30 Sep 2015 02:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17338

Actions (login required)

View Item View Item