NATIVE SPEAKERS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PRODUKTIF (Al-KALAM DAN AI-KITABAH) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

INDRI WIYANTI, NIM. 02421037 (2007) NATIVE SPEAKERS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PRODUKTIF (Al-KALAM DAN AI-KITABAH) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NATIVE SPEAKERS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PRODUKTIF (Al-KALAM DAN AI-KITABAH) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (NATIVE SPEAKERS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PRODUKTIF (Al-KALAM DAN AI-KITABAH) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami peran dosen Native Speakers dalam pembelajaran bahasa Arab produktif, yakni Al-Kalam dan Al-.Kitabuh serta tanggapan mahasiswa terhadap do~en Native Speakers pada Program Stud: Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian jni merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wavrancara, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yakni dengan metode decluktif dan induktif se,ta menggunakan teknik analisis kuantitatif sebagai pendukung. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kolabor (ikhtisar pemeriksaan keaLsahan data), yakni ke~ekunan pengamatan, triangulasi basil angket dengan catatan lapangan rtan basil wa.vancara dengan dosen Native Speakers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dosen Native Speakers dalam pembelajaran Al-Kalam dan Al-Kitabah adalah: (a) sebagai model bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran, yakni orang yang mampu memperagakan' aspek-~pek bahasa b !rdasarkan tata pikir dan kultur penutur asli, baik menyangkut ucapawlogat, artikulas:. penggunaan istilah dan idiom, maupun aspek budaya Anb, (t-) membia~akan mahasiswa menggunakan bahasa Arab sesuai dengan penutur aslinya, (c) memberikan motivasi dan meningkatkan minat belajar bahasa Ara!J mahasiswet~ (d) menjadi media komparasi antara bahasa Ar~b dari penutur asli dengan bukan penutur asli. Tangggapan mahasiswa terhadap dosen Native Speakers adalah positit: hal ini ditunjukkan dengan 72,5% mahasiswa merasa puas dengan, sisterr.. pembelajaran y~g dilakukan oleh dosen Native Speakers. Selain itu, 72,5% m~asisw2 mengaku meningkat keterampilan berbicara bahasa Arab (Al-Kalam) dan 90% mahasiswa mengaku meningkat pada aspek keterampilm menulis baha~a Arah (Al-Kitabah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Tulus Mustofa, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Native speaker, bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Nov 2015 08:51
Last Modified: 03 Nov 2015 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17339

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum