PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DI ASRAMA KELAS II MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

KOKOM AFIFAH, NIM. 02421054 (2007) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DI ASRAMA KELAS II MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DI ASRAMA KELAS II MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DI ASRAMA KELAS II MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan komunikatif yang meliputi penggunaan bahasa Arab, pembelajaran bahasa komunikatif dan efektivitas pembelajaran bahasa komunikatif. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat menjadi karya tulis ilmiah yang mampu memperkaya wawasan tentang pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan komunlkatlf. Penelitian ini merupakan penelitian · lapangan (field research) dengan mengambil Jatar Asrama kelas II Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode: metode observasi, metode interview atau wawancara, metode dokumentasi, dan metode angket sebagai pendukung. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis data kualitatif yaitu mengumpulkan dan mc:uyususn suatu data yang di analisis dengan bantuan statistik dcngan cara mendistribusikan kemudian dilakukan penghitungan. Hasil penehttan menun]ukkan: 1) Penggunaan bahasa Arab di asrama kelas II madrasah mu'alfimaat muhammadiyah yogyakarta sudah berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, hal ini terlihat dari penggunaan bahasa Arab yang di ungkapkan dalam komunikasi sehari-hari, adapun bahasa yang digunakan adalah ungkapan-uugk.apau Laha~>a AraL sc:dt:d1ana. 2) Eiek1ivitas pembelajaran bahasa komunikatif di asrama kelas II madrasah mu'allimaat muhammadiyah yogyakarta di lihat dari penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi sudah efektif dilihat dari tingkat kesadaran siswa akan pentingnya mempelajari bahasa Arab, siswa mampu berbicara bahasa Arab yang diungkapkan dalam komunikasi sehari-hari, dan prosentase siswa yang melanggar aturan minim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nazri Syakur, M.A.
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, komunikatif
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Nov 2015 11:09
Last Modified: 14 Jan 2016 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum