TINJAUAN ELIKTIM ISLAM TER.EADAP KEBIJAI(AN PEMKAB KTILONPROGO ATAS LARANGAN MENJTIAL PRODUK TEMBAKAU SECARA. TDRBATAS DAN PEMBATASAN IKLAN ROKOK

AMIN ALI MUBAROK, NIM. 11380073 (2015) TINJAUAN ELIKTIM ISLAM TER.EADAP KEBIJAI(AN PEMKAB KTILONPROGO ATAS LARANGAN MENJTIAL PRODUK TEMBAKAU SECARA. TDRBATAS DAN PEMBATASAN IKLAN ROKOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN ELIKTIM ISLAM TER.EADAP KEBIJAI(AN PEMKAB KTILONPROGO ATAS LARANGAN MENJTIAL PRODUK TEMBAKAU SECARA. TDRBATAS DAN PEMBATASAN IKLAN ROKOK)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN ELIKTIM ISLAM TER.EADAP KEBIJAI(AN PEMKAB KTILONPROGO ATAS LARANGAN MENJTIAL PRODUK TEMBAKAU SECARA. TDRBATAS DAN PEMBATASAN IKLAN ROKOK)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (637kB)

Abstract

Upaya pemerintah kabupaten Kulon Progo, di dalam menangani masalah rokok, adalah dengan menerapkan suatu Peraturan Daerah yang khusus menangani masalah rokok terutama dalam kapasitasnya untuk melarang dan mengendalikan peredaran rokok di wilayah Kabupaten Kulon Progo. Adanya campur tangan pemerintah dalam bidang lingkungan hidup, sosial dan ekonomi dimaksudkan untuk mewujudkan nilai-nialai keadilan, melindungi kepentingan individu dan masyarakat serta menjamin tegaknya keadilan dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Namun niat baik tidak selamanya bisa diterima dengan baik, sebab dengan diundangkannya Perda tersebut justru melahirkan keresahan di dalam masyarakat. Keresahan yang dimaksud yaitu terjadinya pro dan kontra dalam menyikapi Perda. Melihat dan mencermati kondisi pro dan kontra dalam menyikapi Perda di atas, membuat penyusun tertarik untuk melakukan analisis terhadap Perda Kabupaten Kulon Progo Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok dengan menggunakan kaca mata hukum Islam. Mengapa hukum Islam yang penyusun gunakan, hal ini dikarenakan masyarakat Kulon Progo mayoritas beragama Islam, yaitu sebesar 93,94 persen. Sehingga sudah selayaknya hukum Islam berperan dan dapat memberi pandangan terhadap hal tersebut guna menciptakan kepastian hukum dan suasana kondusif di masyarakat. Secara spesifik penyusun akan membatasi analisis dan terfokus pada BAB III dalam Perda tersebut, yakni mengenai larangan dan pengendalian. Metode penelitian yang penyusun gunakan adalah metode penelitian jenis kepustakaan (library research) yang bersifat preskriptif dan dalam pembahasannya menjelaskan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap Kebijakan Pemkab Kulon Progo atas larangan menjual produk tembakau secara terbatas dan pembatasan iklan rokok. Setelah dilakukan analisis, maka dapat disimpulkan bahwa : larangan dan pembatasan pada Perda Kabupaten Kulon Progo Nomor 5 Tahun 2014 tersebut dapat dibenarkan dan sesuai dengan kaidah hukum Islam normatif. Karena ditemukan adanya mafsadat yang timbul dari perbuatan tersebut jika tidak dilakukan larangan dan pembatasan. Meskipun juga ada kemaslahatan dari aktifitas tersebut, namun dalam hal ini mencegah bahaya lebih diutamakan daripada mengambil manfaat. Sehingga metode sadd aż-żarī’ah dapat diaplikasikan dalam Perda Kabupaten Kulon Progo Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok tersebut. Kata kunci: Hukum Islam, Perda Rokok, Kulonprogo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Moh Tamtowi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Perda Rokok, Kulonprogo
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Oct 2015 01:20
Last Modified: 05 Oct 2015 01:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17347

Actions (login required)

View Item View Item