TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI HASIL PERTANIAN SECARA TEBASAN DI KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO

YUDHA KURNIAWAN, NIM. 11380079 (2015) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI HASIL PERTANIAN SECARA TEBASAN DI KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI HASIL PERTANIAN SECARA TEBASAN DI KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI HASIL PERTANIAN SECARA TEBASAN DI KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Transaksi jual beli menjadi salah satu cara untuk meningkatkan taraf hidup manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Praktik jual beli yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat pun banyak mengalami perkembangan, terlebih bagi masyarakat Jawa yang kental akan norma-norma hidup dari tradisi adat tradisional, mitos, nilai-nilai religi dan juga ilmu pengetahuan. Praktik jual beli hasil pertanian dengan sistem tebasan yang dilakukan di Kecamatan Galur, dilakukan dengan cara para pengepul atau penebas membeli hasil pertanian dari petani yang belum dituai atau dipetik. Hanya dengan mengukur luas lahan dan mengambil beberapa sampel untuk mempertimbangkan kualitas tanaman, transaksi jual beli sudah bisa dilakukan. Praktik jual beli seperti ini mengandung garar ( الغسز ) atau samar-samar, yang mengakibatkan transaksi menjadi tidak sah. Karena tanpa penakaran yang sempurna, bisa menimbulkan kerugian pihak yang melakukan akad, baik penjual maupun pembeli. Terlebih praktik jual beli ini merupakan adat budaya yang sudah berlangsung lama. Berangkat dari latar belakang tersebut penyusun tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai “Tinjauan sosiologi hukum Islam terhadap jual beli hasil pertanian secara tebasan di Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo”. Dengan pokok kajian: menguraikan bagaimana mekanisme jual beli secara tebasan di Kecamatan Galur dan ditinjau dari perspektif sosiologi hukum Islam. Metode penelitian yang penyusun gunakan adalah metode jenis field research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif analitik, yaitu penelitian kualitatif yang menghasilkan data normatif yang diperoleh dari wawancara langsung dengan meggunakan teknik purposive sampling, yaitu sampel dipilih berdasarkan pertimbangan peneliti yang dianggap bisa mewakili populasi. Ditambah pendekatan sosiologi hukum Islam dengan menggunakan populasi dan sampel para petani atau penjual, pengepul, serta tokoh agama sebagai petunjuk sejauh mana aplikasi hukum Islam dilaksanakan di masyarakat. Sehingga dapat menjadi salah satu pengaruh dalam transaksi tersebut. Berdasarkan data-data yang diperoleh dan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli hasil pertanian secara tebasan yang dilakukan di Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo, tidak menyalahi aturan syari‟at yang berlandaskan pada ‘urf. Praktik tebasan merupakan suatu kebiasaan masyarakat yang sudah lama dilakukan. Terlebih para pihak yang melakukan akad sudah saling rela (rid{a). Adanya hubungan timbal balik dalam pemenuhan kebutuhan hidup antara pengepul dan petani menyebabkan praktik jual beli hasil pertanian secara tebasan sudah mentradisi dan termasuk dalam‘urf s}ah}i>h} yang sejalan dengan perspektif hukum Islam. Menurut perspektif sosiologi hukum Islam, perubahan hukum dapat terjadi karena faktor sosial yang ada di masyarakat. Faktor sosial memiliki andil yang besar dalam proses perubahan hukum di tengah-tengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: YASIN BAIDI, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: SOSIOLOGI, HUKUM ISLAM, JUAL BELI, PERTANIAN, TEBASAN
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Sep 2015 05:56
Last Modified: 29 Sep 2015 05:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17349

Actions (login required)

View Item View Item