TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI TANAH PEMAKAMAN MODERN DI KABUPATEN KARAWANG ( STUDI KASUS : PEMAKAMAN SAN DIEGO HILLS DAN AL-AZHAR )

SULAIMAN AFFANDY, NIM. 11380087 (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI TANAH PEMAKAMAN MODERN DI KABUPATEN KARAWANG ( STUDI KASUS : PEMAKAMAN SAN DIEGO HILLS DAN AL-AZHAR ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI TANAH PEMAKAMAN MODERN DI KABUPATEN KARAWANG ( STUDI KASUS : PEMAKAMAN SAN DIEGO HILLS DAN AL-AZHAR ))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI TANAH PEMAKAMAN MODERN DI KABUPATEN KARAWANG ( STUDI KASUS : PEMAKAMAN SAN DIEGO HILLS DAN AL-AZHAR ))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Secara arti kata “Bai” mengandung arti tukar menukar, sedangkan secara terminology jual beli berarti suatu perjanjian tukar menukar benda ataupun barang yang mempunyai nilai secara sukarela diantara kedua belah pihak, yang satu menerima benda dan yang pihak lain menerimanya sesuai dengan perjanjian atau ketentuan yang telah dibenarkan syara‟ dan disepakati, dengan menggunakan uang sebagai alat tukarnya. Dalam jual beli ada rukun dan syarat yang harus dipenuhi agar jual beli tersebut sah, termasuk jual beli Tanah Pemakaman Modern Sandiego Hills Memorial Garden dan Al-Azhar Memorial Garden yang ada di Kabupaten Karawang, dimana objek yang diperjual belikan adalah tanah kavling untuk lahan pemakaman, yang dikonsep dengan konsep taman asri, modern, dan professional yang dibagi dalam beberapa type berdasarkan ukuran luas dan lokasi dengan harga yang bervariatif mulai dari Rp. 25.500.000 sampai yang paling mahal Rp. 2.000.000.000, sehingga dengan harga yang fantastis tersebut banyak terjadi kontroversi di kalangan ulama fiqh yang akhirnya MUI mengeluarkan fatwa yang mengharamkan praktik jual beli tersebut akan tetapi dalam hukumnya MUI memberi catatan bahwa jual beli tersebut boleh kalau rukun dan syarat jual belinya terpenuhi, maka penyusun mencoba mengkaji bagai mana praktik jual beli tanah pemakaman Sandiego Hills Memorial Garden dan Al-Azhar Memorial Garden tersebut dari perspektif hukum Islam dan apakah dalam praktik jual beli tersebut sudah terpenuhi syarat dan rukunnya. Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan (Field research), yaitu mengumpulkan data dengan cara observasi dimana penyusun melakukan pengamatan dilokasi penelitian secara langsung dan melakukan wawancara secara langsung, kemudian menganalisa praktik jual beli tersebut dengan teori-teori hukum syara‟. Metode yang dipakai menggunakan pendekatan normative dan filosofis yang akan dikaitkan dengan hukum Islam. Sedangkan kerangka berfikir secara deduktif yaitu menjelaskan konsep tentang jual beli secara umum, dan pemakaman, kemudian ditarik sebuah kesimpulan akhir mengenai praktik jual beli tanah pemakaman modern. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, praktik jual beli tanah pemakaman bisa dilakukan dengan dua cara yaitu yaitu pembelian Pre Need (membeli jauh-jauh hari sebelum digunakan) dan At Need (membeli pada saat akan digunakan/pada saat sudah mengalami kedukaan) dengan cara cash maupun dicicil sebanyak 12 kali dengan boking fee yang ditentukan berdasarkan type. Selain itu juga praktik jual beli tanah kavling untuk lahan pemakaman yang dilakukan oleh Sandiego Hills Memorial Garden dan Al-Azhar Memorial Garden adalah jual beli yang sudah memenuhi rukun dan syarat jual beli dalam perspektif hukum Islam, hanya saja dalam praktiknya kurang memperhatikan prinsip-prinsip dalam muamalah yaitu kesederhanaan dan kemaslahatan karena harganya yang sangat mahal yang bisa mendorong perbuatan isra>f dan tabz|i>r dan bersifat ekslusif karena hanya orang-orang tertentu yang bisa memiliki

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: ABDUL MUGITS,S.Ag.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: HUKUM ISLAM, JUAL BELI, TANAH, PEMAKAMAN
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Sep 2015 06:14
Last Modified: 29 Sep 2015 06:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17353

Actions (login required)

View Item View Item