PENDAMPINGAN HUKUM OLEH LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (LPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) TERHADAP ANAK PELAKU KEKERASAN FISIK DAN SEKSUAL

NUNUNG MASITOH, NIM. 1120010003 (2015) PENDAMPINGAN HUKUM OLEH LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (LPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) TERHADAP ANAK PELAKU KEKERASAN FISIK DAN SEKSUAL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDAMPINGAN HUKUM OLEH LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (LPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) TERHADAP ANAK PELAKU KEKERASAN FISIK DAN SEKSUAL)
1120010003_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENDAMPINGAN HUKUM OLEH LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (LPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) TERHADAP ANAK PELAKU KEKERASAN FISIK DAN SEKSUAL)
1120010003_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu fenomena yang cukup menyita perhatian di Indonesia dalam satu dasawarsa terakhir ini adalah banyaknya kasus anak yang terjerumus ke dalam tindakan kriminal, baik sebagai korban maupun sebagai pelaku. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) misalnya, data dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) dari tahun 2012 sampai dengan 2013, menunjukkan kenaikan angka yang signifikan terkait keterlibatan anak dalam tindak kriminal. Melihat persoalan tersebut di atas, ada satu hal penting yang perlu dikaji lebih lanjut, yaitu masalah perlindungan anak yang dilakukan oleh Lembaga Perlindungan Anak (LPA) DIY terhadap pelaku kekerasan fisik dan seksual. Dalam hal ini peneliti memfokuskan kajian penelitian ini pada persoalan tentang bagaimana pendampingan hukum yang dilakukan oleh Lembaga perlindungan anak (LPA) DIY terhadap anak pelaku kekerasan fisik dan seksual. Analisis dari penelitian ini difokuskan pada data LPA DIY pada tahun 2014. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Faktor apakah yang melatarbelakangi keterlibatan anak dalam kasus kekerasan fisik dan seksual di Lembaga Perlindungan Anak (LPA) DIY? 2. Bagaimanakah implementasi pendampingan hukum terhadap anak-anak pelaku kekerasan fisik dan seksual di LPA DIY ?. 3. Bagaimana signifikansi hukum yang dilakukan oleh LPA DIY tersebut terhadap anak pelaku kekerasan fisik dan seksual? Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua, yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah data terkait anakanak pelaku kekerasan fisik dan seksual di Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Yogyakarta. Dalam hal ini, peneliti menggali data dari 6 informan yang terdiri dari 3 orang pengacara, 1 orang pekerja sosial, dan 2 orang tua anak yang menjadi pelaku kekerasan fisik dan seksual. Adapun data sekunder dalam penelitian ini adalah bahan-bahan kepustakaan seperti dokumentasi, hasil penelitian buku yang berkaitan dengan penelitian, jurnal ilmiah, artikel, dan sumber-sumber yang terkait lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Banyak faktor yang melatarbelakangi anak terlibat atau melakukan tindakan-tindakan kriminal berupa kekerasan fisik dan seksual diantara beberapa faktor yang paling dominan adalah faktor perceraian orang tua dan faktor kelalaian orang tua dalam mendidik anak dan mengawasi anak. Implementasi dari pendampingan hukum yang dilakukan oleh Lembaga Perlindungan Anak (LPA) DIY, merupakan pendampingan di pengadilan atau litigasi dan di luar pengadilan atau nonlitigasi. Namun pada dua kasus yang menjadi fokus penelitian ini, pendampingan dilakukan pada taraf litigasi. Pada taraf non litigasi dibantu pekerja sosial, karena melihat tenaga advokat yang masih terbatas. Pendampingan hukum yang dilakukan oleh LPA DIY terhadap anak pelaku kekerasan fisik dan seksual terbukti membawa dampak yang signifikan pada perubahan karakter dan tumbuh kembang mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Muhrisun, MSW, Ph.D,
Uncontrolled Keywords: lembaga perlindungan anak, kekerasan fisik dan seksual
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 29 Sep 2015 13:57
Last Modified: 29 Sep 2015 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17359

Actions (login required)

View Item View Item