PENGARUH TRADISI MAKKULIWA TERHADAP MASYARAKAT MANDAR (Studi Peristiwa Keagamaan Pada Masyarakat Mandar Sulawesi Barat)

KIRAMAN, NIM: 09520024 (2015) PENGARUH TRADISI MAKKULIWA TERHADAP MASYARAKAT MANDAR (Studi Peristiwa Keagamaan Pada Masyarakat Mandar Sulawesi Barat). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TRADISI MAKKULIWA TERHADAP MASYARAKAT MANDAR (Studi Peristiwa Keagamaan Pada Masyarakat Mandar Sulawesi Barat))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TRADISI MAKKULIWA TERHADAP MASYARAKAT MANDAR (Studi Peristiwa Keagamaan Pada Masyarakat Mandar Sulawesi Barat))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)

Abstract

Tradisi Makkkuliwa merupakan sebuah tradisi masyarakat Mandar Sulawesi Barat yang diwariskan dari generasi ke generasi sampai detik ini merupakan hal yang tidak serta merta ada, tetapi juga didukung oleh beberapa tradisi dan ritual lainya termasuk kepercayaan yang dianut oleh nenek moyang dahulu kala. Namun, beberapa pernyataan dari tokoh-tokoh Masyarakat Mandar mengungkapkan bahwa Ritual makkuliwa mulai berkembang ketika Islam sudah masuk ke wilayah Mandar Sulawesi Barat sekitar abad ke-16. Selain berkenaan dengan warisan tradisi nenek moyang, makkuliwa sudah menjadi kebiasaan masyarakat Mandar. Ia telah menjadi tradisi yang harus dilaksanakan dan bahkan sebagian masyarakat menganggap tradisi tersebut adalah tradisi wajib untuk dilaksanakan. Oleh sebab itu, tradisi makkuliwa ini, layak untuk diangkat sebagai subyek penelitian atas pertimbangan beberapa hal yang unik, khususnya bagaimana tradisi makkuliwa dijadikan sebagai ritus keagamaan yang disakralkan oleh masyarakat Mandar sebagai ritual yang wajib untuk ditunaikan. Adapun pertanyaan penelitian yang penulis ajukan adalah 1. Bagaimana proses epiostimologi munculnya tradisi Makkuliwa dan pergumulannya dengan tradisi Islam. 2. Bagaimana pengaruh Tradisi Makkuliwatersebut terhadap kehidupan masyarakat Mandar Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi dan interview yakni pertama dengan pengamatan dan pencatatan secara sistematis fenomena makkuliwa yang diteliti, lalu bertanya jawab langsung dengan tokoh adat, agamawan, peneliti dan pemerhati budaya mandar. Sedangkan dalam teknis pengolahan data, penulis menggunakan metode deskriptif-analitis yakni pencarian fakta degan interpretasi yang jelas, tepat, akurat, sistematis dan kemudian dianalisis melalu data dan sumber yang terkait, karena data akan dianalisis dengan metode deduktif da induktif. Dalam penelitian, penulis mendapati beberapa hal diantaranya: bahwa ritual makkuliwa merupakan tradisi yang berkembang secara turun temurun yang tidak bisa dilepaskan dari pengaruh Hindu-Budha, selain itu, peneliti juga menemukan makna makkuliwa merupakan tradisi yang lahir sebagai wujud aplikasi zakat. Dalam pengertian ini, peneliti menemukan adanya keterkaitan antara budaya lokal mandar dengan nilai-nilai Islam. Selain itu, peneliti juga mendapati ritual makkuliwa sebagai tradisi yang mengalami proses sinkretisasi, sebagaimana juga terjadi pada daerah lain, seperti yang terjadi di Jawa. Adapun pengaruh makkuliwa pada masyarakat Mandar, nampak pada keyakinan masyarakat mandar yang sudah menjadikan ritual tersebut sebagai ritual yang wajib ditunaikan, dan pada pandangan masyarakat tersebut, mereka sudah cenderung memandang bahwa setiap benda memiliki kekuatan magis, sehingga, apa yang didapatkan akan membawa pemiliknya pada marabahaya yang akan mengancam jiwa, jika tidak ditunaikan ritual makkuliwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khairullah Zikri, S.Ag, M.A stRel.
Uncontrolled Keywords: Tradisi Makkuliwa, Budaya Lokal, dan islam
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:20
Last Modified: 05 Oct 2015 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17367

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum