PREFERENSI NASABAH BIROKRAT TERHADAP BANK SYARI’AH DI KABUPATEN BREBES

SURURUL FUAD, NIM:1120311004 (2015) PREFERENSI NASABAH BIROKRAT TERHADAP BANK SYARI’AH DI KABUPATEN BREBES. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PREFERENSI NASABAH BIROKRAT TERHADAP BANK SYARI’AH DI KABUPATEN BREBES)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PREFERENSI NASABAH BIROKRAT TERHADAP BANK SYARI’AH DI KABUPATEN BREBES)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Bank Islam atau selanjutnya disebut dengan bank syari’ah adalah bank yang beroperasi dengan tidak mengandalkan pada bunga. Bank Islam atau biasa disebut dengan bank tanpa bunga, adalah lembaga keuangan atau perbankan yang operasional dan produknya dikembangkan berlandaskan pada al-Qur’an dan Hadits Nabi saw.. Atau dengan kata lain, Bank Islam adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan pembiayaan dan jasa-jasa lainnya dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoperasiannya disesuaikan dengan prinsip syariat Islam. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis berbagai faktor yang berpengaruh terhadap preferensi nasabah birokrat terhadap bank syari’ah di Kabupaten Brebes. Enam faktor dalam penelitian terdahulu yang mempengaruhi preferensi nasabah terhadap bank syari’ah adalah faktor product/ produk, price/ harga, place/ lokasi, promotion/ promosi, service/ layanan dan religious/ keagamaan. Dalam penelitian ini akan dianalisis seberapa besar pengaruh dari variabel-variabel tersebut dalam mempengaruhi preferensi nasabah birokrat terhadap bank syari’ah di Kabupaten Brebes. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi dengan bantuan program komputer seri SPSS 15.00. Data yang digunakan ada dua macam yakni data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui penyebaran angket kepada 32 orang nasabah sebagai responden, sedangkan data sekunder diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara berurutan preferensi nasabah birokrat terhadap bank syari’ah di Kabupaten Brebes dipengaruhi oleh faktor produk/ product (32,8%), faktor/ religious ( 31,0 %) faktor lokasi/ location ( 27,3 %), faktor layanan/ service ( 24,7 %), faktor promosi/ promotion (14,1%) dan faktor harga/ price (3,3 %). Kata kunci : bank syari’ah, produk/ product, harga/ price, lokasi/ lacation, promosi/ promotion, layanan/ service, keagamaan/ religious, preferensi nasabah birokrat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: bank syari’ah, produk/ product, harga/ price, lokasi/ lacation, promosi/ promotion, layanan/ service, keagamaan/ religious, preferensi nasabah birokrat.
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:18
Last Modified: 05 Oct 2015 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17375

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum