PEMAHAMAN ZAKAT PRODUKTIF PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DI KOTA YOGYAKARTA (Studi Pasal 27 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat)

FAQIH EL WAFA, S.H.I., NIM. 1220310002 (2015) PEMAHAMAN ZAKAT PRODUKTIF PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DI KOTA YOGYAKARTA (Studi Pasal 27 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMAHAMAN ZAKAT PRODUKTIF PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DI KOTA YOGYAKARTA (Studi Pasal 27 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMAHAMAN ZAKAT PRODUKTIF PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DI KOTA YOGYAKARTA (Studi Pasal 27 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan ialah dengan pendayagunaan zakat untuk usaha produktif. Pada perkembangannya, diterbitkan undang-undang baru untuk pengelolaan zakat yang di dalamnya mengatur mengenai pendayagunaan zakat untuk usaha produktif, yaitu Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Pada pasal 27 ayat (2) di dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa “pendayagunaan zakat produktif dilakukan apabila kebutuhan dasar mustahil telah terpenuhi”. Kebutuhan dasar mustahik pada pasal tersebut meliputi kebutuhan pangan, sandang, perumahan, pendidikan dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman lembaga amil zakat di kota Yogyakarta terhadap zakat produktif dalam Pasal 27 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan pendekatan normatif. Adapun analisis yang dipakai dalam penelitian ini ialah deskriptif-analitis kualitatif. Sumber data penelitian ini diantaranya yaitu wawancara denga pegawai Lembaga Amil Zakat dari PKPU, Dompet Dhuafa dan DPU-DT yang mengurusi pendayagunaan zakat untuk usaha produktif serta dokumen-dokumen yang relevan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendayagunaan zakat untuk usaha produktif yang difahami oleh PKPU cabang Yogyakarta, Dompet Dhuafa cabang Yogyakarta dan Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid cabang Yogyakarta ialah pendayagunaan zakat yang diberikan kepada mustahik untuk menjalankan usaha yang bertujuan untuk memperbaiki pendapatan mustahik untuk memenuhi kebutuhannya dan Pendayagunaan zakat untuk usaha produktif juga harus membuat mustahik lebih partisipatif dalam proses usaha mereka untuk meningkatkan taraf hidup mereka dengan dengan merubah rangka berfikir mustahik untuk lebih giat beribadah dan berusaha. Adapun usaha produktif yang difahami oleh lembaga amil zakat di sini ialah usaha yang dapat memberi nilai tambah dan meningkatkan pendapatan bagi mustahik. Mustahik penerima pendayagunaan zakat untuk usaha produktif ialah orang yang mempunyai pendapatan tetapi belum bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, jumlah tanggungan keluarga (lebih banyak tanggungan akan menjadi prioritas), mempunyai rumah untuk ditinggali denga luas kurang dari 8 m2 per anggota keluarga, diprioritaskan rumah yang masih berlantai tanah dan dinding bukan tembok, hanya mampu makan 1-2 kali sehari dan Tanggungan biaya yang banyak, seperti biaya pendidikan anak, kesehatan, listrik dan air. Kesadaran hukum lembaga zakat cukup tinggi namun secara perilaku hukum belum dapat melaksanakan aturan dalam pasal 27 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Hal ini disebabkan adanya ketidakjelasan dari aturan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Zakat, Pengentasan Kemiskinan, dan pemenuhan kebutuhan pangan sandang, perumahan
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:22
Last Modified: 05 Oct 2015 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17376

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum