PENYELESAIAN SENGKETA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH MELALUI PERAN OMBUDSMAN YOGYAKARTA

SAFWAN S.H.I, NIM: 1320310004 (2015) PENYELESAIAN SENGKETA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH MELALUI PERAN OMBUDSMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENYELESAIAN SENGKETA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH MELALUI PERAN OMBUDSMAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENYELESAIAN SENGKETA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH MELALUI PERAN OMBUDSMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sengketa merupakan fenomena yang tak terpisahkan dari kehidupan umat manusia. Potensi terjadinya sengketa atau perselisihan diantara umat manusia, senantiasa ada selama masih ada interaksi antara sesama manusia. Oleh karenanya, keberadaan suatu lembaga sebagai mediator dalam mengurangi perselisihan antar pihak tersebut sangatlah dibutuhkan. Hal ini untuk memberikan kepastian hukum dan win-win solution. Penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian untuk menjelaskan bagaimana peran mediator di Lembaga Ombudsman Yogyakarta dalam menyelesaikan sengketa Keuangan Syariah dan juga untuk mengetahui bagaimana bentuk dan proses penyelesaian sengketa keuangan syariah ditinjau dari konsep maqa>s{id asy-syari<'ah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif–analisis yang berlokasi di Lembaga Ombudsman Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara (metode) ; wawancara kepada bagian Bidang Penelitian, Pengembangan dan Hubungan Kelembagaan (Litbang) Lembaga Ombudsman Yogyakarta. Masalah yang ada dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan pendekatan Normatif dan teknik analisis deduktifinduktif yang didasarkan pada maqa>s{id asy-syari<'ah, sebagai kaidah sekunder setelah al-Qur’an dan hadis untuk mendapatkan jawaban yang realistis dan sesuai dengan syariah. Hasil dari penelitian mengenai peran mediator dalam menyelesaikan sengketa keuangan syariah sangat diperlukan untuk membantu masyarakat. Perannya sebagai lembaga pengawas pelayanan publik menjadikan Lembaga Ombudsman Yogyakarta sebagai wadah pengaduan masyarakat atas tindakan penyimpangan administrasi yang dilakukan oleh pejabat pemberi pelayanan publik. Oleh karena itu, peran Lembaga Ombudsman Yogyakarta sangat penting dalam rangka mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang bersih, serta bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, penyalahgunaan wewenang dan tindakan sewenang-wenang sehingga tercipta Clean and Good Governance. Jadi, penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih merupakan manifestasi dari maqa>s{id asy-syari<'ah karena penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih masuk dalam kategori maqa>s{id ad}-d}arurriyat, karena penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih bukan lagi menjadi suatu kebutuhan, akan tetapi menjadi keharusan untuk mewujudkan kemaslahatan umat. Kesimpulannya secara garis besar bahwasanya penyelesaian sengketa di Lembaga Ombudsman sejalan dengan konsep hukum Islam tapi tidak sejalan dari segi prakteknya, karena dalam hal menyelesaikan kasus Keuangan Syariah masih banyak kekurangan dibagian personal penanganan kasus. Ditemukan mediator yang belum bersetifikat, dan juga rekomendasi yang belum mengikat. Kata Kunci: Penyelesaian Sengketa Nonlitigasi, Lembaga Ombudsman Yogyakarta, Lembaga Keuangan Syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Drs. Agus Triyanta, MA., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Sengketa Nonlitigasi, Lembaga Ombudsman Yogyakarta, Lembaga Keuangan Syariah.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Oct 2015 07:50
Last Modified: 06 Oct 2015 07:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17381

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum