STRATEGI KOPING ORANG TUA DALAM MENGATASI KEMISKINAN STUDI KASUS PADA KELUARGA TKI DI DESA SAKRA SELATAN KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA

MUHTAR TAYIB, S. SOS.I., NIM. 1320010002 (2015) STRATEGI KOPING ORANG TUA DALAM MENGATASI KEMISKINAN STUDI KASUS PADA KELUARGA TKI DI DESA SAKRA SELATAN KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOPING ORANG TUA DALAM MENGATASI KEMISKINAN STUDI KASUS PADA KELUARGA TKI DI DESA SAKRA SELATAN KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA)
1320010002_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOPING ORANG TUA DALAM MENGATASI KEMISKINAN STUDI KASUS PADA KELUARGA TKI DI DESA SAKRA SELATAN KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA)
1320010002_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan fenomena sosial yang terdapat pada setiap masyarakat dalam setiap rentang waktu. Kemiskinan identik dengan kesulitan yang dihadapi sekelompok orang di tengah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup. Pada setting pedesaan, kemiskinan seringkali mendorong orang-orang untuk melakukan migrasi karena sumber-sumber pemasukan di desa – umumnya bersifat agraris – dinilai tidak reliable. Dewasa ini, migrasi temporer dalam bentuk Tenaga Kerja di Luar Negeri merupakan pilihan yang lebih mungkin dan populer di kalangan penduduk di wilayah pedesaan. Respon terhadap kemiskinan dengan bertransformasi menjadi Tenaga Kerja di Luar Negeri menyisakan berbagai permasalahan lain di dalam negeri, terutama karena seorang temporary migrant (TKI) umumnya tidak membawa serta keluarga mereka yang berada di desa. Para anggota keluarga TKI yang tinggal di desa, dengan demikian, dituntut untuk mengembangkan seperangkat metode untuk mengatasi berbagai dampak negatif yang timbul sebagai konsekuensi dari kepergian anggota keluarga – biasanya kepala keluarga – mereka ke luar negeri. Penelitian ini, berbicara tentang kondisi kemiskinan dan strategi koping yang digunakan oleh keluarga TKI/TKW. Penelitian dilakukan di Desa Sakra Selatan Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (NTB). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana gambaran kemiskinan yang dialami orang tua pada keluarga TKI di Desa Sakra Selatan Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur NTB? dan, (2). Bagaimana strategi koping yang dilakukan orang tua dalam keluarga TKI untuk memenuhi kebutuhan kesejahteraan keluarganya?. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah (1). Menjelaskan gambaran umum kemiskinan yang dihadapi oleh orang tua pada keluarga TKI di Desa Sakra Selatan yang ada di Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur. (2). Mengetahui langkah yang dilakukan orang tua dalam keluarga TKI untuk memenuhi kesejahteraan keluarga di Desa Sakra Selatan Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur. Data-data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif- kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya akses terhadap modal terutama modal finansial merupakan penyebab kemiskinan. Keterbatasan modal finansial menyebabkan keluarga TKI/TKW tidak dapat membuka usaha alternatif untuk memenuhi kebutuhan primernya. Kondisi ini diperparah dengan kurangnya penghasilan berupa kiriman uang dari keluarga yang bekerja di luar negeri. Strategi koping yang dilakukan oleh Keluarga TKI/TKW miskin terdiri dari strategi ekonomi dan strategi sosial. Strategi ekonomi dilakukan dengan menerapkan pola kerja ganda, yaitu menjadi pekerja serabutan sekaligus menjadi penyewa lahan pertanian kecil. Strategi sosial yang diterapkan keluarga TKI/TKW antara lain: mengoptimalkan ikatan kekerabatan yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Kata kunci: kemiskinan, tenaga kerja migran, strategi koping, modal sosial.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kemiskinan, tenaga kerja migran, strategi koping, modal sosial.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Sep 2015 14:27
Last Modified: 30 Sep 2015 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17390

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum