PELAKSANAAN PEMBIAYAAN BAGI HASIL iB PADA BANK SYARIAH BDS PT. BPRS BAROKAH DANA SEJAHTERA YOGYAKARTA (Implementasi PBI No.10/16/PBI/2008 tentangPelaksanaan Prinsip Syariah Dalam Kegiatan Penyaluran Dana Bank Syariah)

ANNA KHOIRIYAH S.H.I, NIM: 1320311079 (2015) PELAKSANAAN PEMBIAYAAN BAGI HASIL iB PADA BANK SYARIAH BDS PT. BPRS BAROKAH DANA SEJAHTERA YOGYAKARTA (Implementasi PBI No.10/16/PBI/2008 tentangPelaksanaan Prinsip Syariah Dalam Kegiatan Penyaluran Dana Bank Syariah). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBIAYAAN BAGI HASIL iB PADA BANK SYARIAH BDS PT. BPRS BAROKAH DANA SEJAHTERA YOGYAKARTA (Implementasi PBI No.10/16/PBI/2008 tentangPelaksanaan Prinsip Syariah Dalam Kegiatan Penyaluran Dana Bank Syariah))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBIAYAAN BAGI HASIL iB PADA BANK SYARIAH BDS PT. BPRS BAROKAH DANA SEJAHTERA YOGYAKARTA (Implementasi PBI No.10/16/PBI/2008 tentangPelaksanaan Prinsip Syariah Dalam Kegiatan Penyaluran Dana Bank Syariah))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Anna Khoiriyah. Pelaksanaan Pembiayaan Bagi Hasil iB Pada Bank Syariah BDS PT. BPRS Barokah Dana Sejahtera Yogyakarta (Implementasi PBI No.10/16/PBI/2008 tentangPelaksanaan Prinsip Syariah Dalam Kegiatan Penyaluran Dana Bank Syariah). Penelitian ini fokus terhadap penurunan dan pertanggungjawaban mud{a@ribpembiayaan bagi hasil iB BDS sebagai implementasi atas Peraturan Bank Indonesia PBI No.10/16/PBI/2008 sejalan dengan UU No. 10 tahun 1998 di dalam pasal 13 berbunyi :“Menyediakan pembiayaan dan penempatan dana berdasarkan Prinsip Syariah, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.”. Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk field research atau penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dan menggambil objek penelitian dibank syariah BDS PT. BPRS barokah dana sejahtera yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) pelaksanan pembiayaan bagi hasil Mudharabah di BPRS BDS sempat mengalami peningkatan yang luar biasa mencapai 3M akan tetapi ditahun berikutnya mengalami penurunan drastis menjadi 1.000.000,-, menurut BPRS BDS hal tersebut di sebabkan karena adanaya perubahan akad yakni adanya risiko yang cukup besar khususnya dalam perhitungan.akan tetapi pengamatan penulis hal ini karena adanya kenaikan akan piutang murabahah. Hal ini menjadikan untuk pembiayaan akad bagi hasil Mudharabah belum dapat berjalan stabil dan akad ini dirasa kurang pas didunia perbankan.Akan tetapi dalam pelaksanaan bagi hasil ini, BPRS BDS menunjukkan kinerja dan kesyariahan tergolong baik dari aspek proses, analisis, akan tetapi dari segi kontrak masih menggunakan kontrak baku. 2) adapaun terkait dengan nasabah bermasalah terjadi kelalian sebagian besar karena wanprestasi dan moral hazard tetapi ganti rugi dengan melakukan komunikasi dengan peringatan segera membayar serta di dengar alasannya sehingga pada saatnya dengan sendirinya kesadaran akan tanggung jawab itu dan dalam perjanjiannya penyelesaian dilakukan dengan musyawarah mufakat dan denda tidak mengikat. Kesimpulannya Secara garis besar bahwasanya pelaksanaan pembiayaan bagi hasil Mudharabah di BPRS Barokah Dana Sejahtera telah berjalan dengan lancar ini dibuktikan dari kolektibilitas 1 tahun berjalan Meskipun tidak dipungkiri tidak sepenuhnya dapat murni dan benar-benar sebagaimana teori. Dan Secara umum, kerugian yang dilakukan atas kelalaian nasabah memang menjadi tanggung jawab nasabah khususnya nasabah yang berkarakter buruk. Akan tetapi dalam proses menyelesaikan masalah lebih mementingkan kedamaian dengan jalan musyawarah sehingga kedua pihak tidak ada yang saling dirugikan. Kata Kunci: PBI, Bagi Hasil akad Mudharabah, BPRS BDS.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Abd. Salam Arief, M.A.
Uncontrolled Keywords: PBI, Bagi Hasil akad Mudharabah, BPRS BDS.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Oct 2015 13:31
Last Modified: 12 Oct 2015 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17430

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum